Kantor Desa Neglasari Tasikmalaya Ternyata Dibakar Kadesnya Sendiri, Motif Hilangkan Bukti Korupsi

insiden pembakaran itu setelah sekelompok masyarakat menggelar aksi demo beberapa kali yang menanyakan transparansi dana desa

(KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA)
Kepala Desa Neglasari Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya bersama kakak kandungnya ditetapkan sebagai tersangka pembakaran kantornya sendiri dengan alasan takut diaudit penggunaan dana desa oleh Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota, Senin (17/2/2020). 

TRIBUNCIREBON.COM - Bangunan Kantor Desa Neglasari Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya diduga sengaja dibakar oleh seseorang yang memakai motor pada Sabtu 18 Januari 2020 sekitar pukul 02.30 dini hari.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Doni Eka Putra mengatakan, hasil penyelidikan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri diketahui pelaku pembakaran yakni kepala desa Wowon Gunawan, bersama kakak kandungnya, Budiman.

"Kedua tersangka sekarang ditahan dan mereka terbukti membakar menggunakan salah satu jenis BBM. Mereka dikenakan Pasal 187 KUHP dengan ancaman paling lama 12 tahun penjara," ujarnya, Selasa (18/2/2020).

Doni menjelaskan, tersangka diduga berupaya menghilangkan barang bukti berupa berkas di kantor desanya.

"Ide awalnya dari sang kakak kades itu, yakni Budiman (53). Soalnya adiknya selalu mengeluh selama ini ketakutan diperiksa oleh tim audit terkait penggunaan dana desa selama menjabat," ujarnya.

Terpisah, Ketua Forum Masyarakat Neglasari Sani Junan Hudaya mengatakan, insiden pembakaran itu setelah sekelompok masyarakat menggelar aksi demo beberapa kali yang menanyakan transparansi penggunaan dana desa oleh Wowon Gunawan.

"Jadi selama melakukan aksi demo ke kantor Kepala Desa sejak tahun 2015 hingga 2019 itu, kami meminta transparansi anggaran desa yang digunakan sejak tahun 2015 hingga 2019 agar terbuka. Karena banyak proyek pembangunan sebesar Rp 2,1 miliar tidak jelas," ujar Sani.

Oknum Polisi di Makassar Disegap Polisi Militer TNI AU, Lantaran Lakukan Ini Sama Dua Warga Sipil

Lucinta Luna Kelaparan, Pinjam Duit Napi Lain Rp 300 Ribu untuk Makan, Abash Bongkar Hal Sebenarnya

Jadwal Acara TV & Film Hari Ini Selasa 18 Februari 2020 Trans TV RCTI SCTV Indosiar TV One

Diberitakan sebelumnya, bangunan Kantor Desa Neglasari Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya diduga sengaja dibakar oleh seseorang yang memakai motor. pada Sabtu (18/1/2020) sekitar pukul 02.30 dini hari.

Pusat Laboratorium Forensik ( Puslabfor) Mabes Polri dilibatkan untuk menyelidiki penyebab kebakaran kantor desa Neglasari, Tasikmalaya, Jawa Barat, yang diduga dilakukan orang tak dikenal.

"Kasus ini sudah ditangani oleh petugas Kepolisian di sini. Hari ini tadi ada laporan akan datang tim dari Puslabfor Mabes Polri untuk menyelidiki lokasi kejadian," jelas Camat Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya E Mawardi saat dimintai keterangan wartawan, Senin (20/1/2020).

Adik Hamili Kakak Kandung, Sengaja Lakukan Hubungan Layaknya Suami Istri, Melahirkan, Bayi Dibuang

Cek 10 Gejala Gagal Jantung yang Jarang Disadari, Anda Harus Waspada Sebelum Terlambat

Lagu Terakhir Bunga Citra Lestari Sebelum Ashraf Sinclair Meninggal, BCL Ngaku Sempat Merasa Gemetar

Mawardi menambahkan, sebelum kantor desa terbakar telah terjadi dua kali unjukrasa yang dilakukan warga setempat.

Dalam aksinya, mereka menuntut transparansi anggaran desa yang digunakan oleh kepala desa selama menjabat sejak tahun 2016.

"Sebelum kejadian kantor desa terbakar ini, ada dua aksi demo besar-besaran oleh warga setempat ke kantor desa tanggal 6 Januari dan Rabu 8 Januari lalu. Tapi demonya kondusif, aman, mereka menuntut transparansi anggaran desa selama ini," tutur Mawardi.

Akibat kebakaran tersebut, seluruh dokumen kependudukan dan pemerintahan desa hangus terbakar. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Takut Diaudit Dana Desa, Kades Neglasari Tasikmalaya Bakar Kantornya Sendiri", https://regional.kompas.com/read/2020/02/18/17441931/takut-diaudit-dana-desa-kades-neglasari-tasikmalaya-bakar-kantornya-sendiri?page=all#page2.
Penulis : Kontributor Tasikmalaya, Irwan Nugraha
Editor : Dony Aprian

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved