Damkar Kota Cirebon Tangani 5 Kasus Ular yang Masuk Rumah Warga Selama Sebulan Terakhir

Ia mengatakan, jenis ular yang kerap diamankan jajarannya dari rumah warga di antaranya, piton, kobra, bangkai laut, dan lainnya.

Damkar Kota Cirebon Tangani 5 Kasus Ular yang Masuk Rumah Warga Selama Sebulan Terakhir
TRIBUN JABAR/AHMAD IMAM BAIHAQI
Petugas BBKSDA Jabar saat menunjukkan ular bangkai laut yang dievakuasi dari Dinas Damkar Kota Cirebon, Jalan Terusan Pemuda, Kota Cirebon, Kamis (30/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Petugas Dinas Kebakaran (Damkar) Kota Cirebon rupanya kerap mendapat laporan mengenai masuknya ular ke rumah warga dalam beberapa bulan terakhir.

Komandan Kompi Damkar Kota Cirebon, Akhirudin, sejak awal tahun ini jajarannya sudah menangani sedikitnya lima kasus ular yang masuk ke rumah warga.

"Damkar sekarang bukan cuma memadamkan api tapi penyelamatan hewan liar yang masuk pemukiman warga," kata Akhirudin saat ditemui usai penyerahan tiga ekor ular ke BBKSDA Jabar di Damkar Kota Cirebon, Jalan Terusan Pemuda, Kota Cirebon, Kamis (30/1/2020).

Bagaimana Jika Ada Ular Masuk Ke Rumah Anda? Ini Langkah Kecil Usir Ular Versi BBKSDA Jabar

TERNYATA Bisa Ular Bangkai Laut Berbahaya, Selevel dengan Bisa Ular Kobra, Begini Penjelasannya

Ia mengatakan, jenis ular yang kerap diamankan jajarannya dari rumah warga di antaranya, piton, kobra, bangkai laut, dan lainnya.

Selain itu, Kota Cirebon yang sempat terendam banjir beberapa waktu lalu menjadi faktor lain yang membuat banyaknya ular masuk ke pemukiman.

Saat banjir di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, pihaknya menemukan beberapa ekor ular masuk rumah warga yang terdampak bencana itu.

"Awalnya kami tangani kemudian lepaskan ular itu di dekat sungai tapi ternyata balik lagi," ujar Akhirudin.

BBKSDA Jabar Evakuasi Tiga Jenis Ular dari Damkar Kota Cirebon, Di Antaranya Kobra Jawa dan Piton

Nella Kharisma Makin Mesra dengan Dory Harsa Penabuh Gendang Ganteng, Saling Memuji di Instagram

Menurut dia, hal tersebut sempat terulang beberapa kali hingga jajarannya menggandeng BBKSDA Jabar untuk pelepasliaran ular yang diamankan dari rumah warga.

Pihaknya mengakui petugas hanya dapat menangani proses pengamanan ular tersebut akan tetapi tidak memahami karakteristik habitat ular.

Halaman
1234
Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved