Wabah Virus Corona

Sampel Dua Pasien Suspect Corona di RSHS Bandung Dikirim ke Jakarta, Belum Tentu Terjangkit

Hasil penelitian di Balitbangkes tersebut, katanya, biasanya baru bisa diperoleh setelah satu atau dua hari dari penerimaan.

Sampel Dua Pasien Suspect Corona di RSHS Bandung Dikirim ke Jakarta, Belum Tentu Terjangkit
(EPA via AlJazeera)
Staf kesehatan membawa seorang pasien ke dalam rumah sakit Jinyintan, China. Hingga Jumat (24/1/2020) siang waktu setempat, 26 orang di China meninggal akibat virus corona. 

Laporan Wartawan Tribun, M Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG -  Sampel dari hidung, tenggorokan, dan mulut, milik dua pasien yang kini dirawat dan diisolasi di Ruang Infeksi Khusus Kemuning (RIKK) Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung sudah dikirim untuk diteliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Kementerian Kesehatan RI di Jakarta.

Sebelumnya diberitakan, kedua pasien tersebut masih dirawat intensif dan menjalani observasi di RIKK RSHS karena mengalami infeksi saluran pernapasan dan beberapa hari sebelumnya mengunjungi negara yang terpapar virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV).

Ketua Tim Infeksi Khusus RSHS dr. Yovita Hartantri, SpPD-KPTI mengatakan sambil menunggu hasil pemeriksaan terhadap spesimen atau sampel tersebut, pihaknya merawat dua pasien ini di RIKK RSHS.

"Kepada pasien, kami sudah melakukan pengambilan spesimen dari mulut, hidung, dan tenggorokan, kemudian dikirim untuk penelitian lebih lanjut ke Jakarta," kata Yovita di RSHS, Senin (27/1).

Anggoata Tim Infeksi Khusus RSHS dr. Basti Andiyoko, Sp.PK(K) mengatakan sampel tersebut sudah dikirim berdasarkan standar WHO (World Health Organization) ke Balitbangkes di Jakarta.

"Kita sudah lakukan pengambilan sampel sesuai standar WHO. Waktu untuk hasil pemeriksaan memang tidak cepat, dan kami masih menunggu," katanya.

Hasil penelitian di Balitbangkes tersebut, katanya, biasanya baru bisa diperoleh setelah satu atau dua hari dari penerimaan. Melalui penelitian terhadap spesimen tersebut, akan diketahui apakah kedua pasien ini terjangkit coronavirus seperti yang dikhawatirkan atau sebaliknya.

Penyakit Gagal Ginjal, Asam urat, Diabetes Minggat dari Tubuh, Caranya Konsumsi Daun Binahong

Berapa Kali Batas Maksimal Melahirkan dengan Cara Operasi Caesar? Ini Jawaban Ahli

Foto-foto Kedekatan Kobe Bryant dengan Putrinya Gigi Bryant, Tadinya Gigi Akan Meneruskan Jejak Kobe

Sebelumnya diberitakan, dua pasien dirawat dan diisolasi di Ruang Infeksi Khusus Kemuning (RIKK), Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Senin (27/1). Kedua pasien ini masih dirawat intensif dan menjalani observasi karena mengalami infeksi saluran pernapasan dan beberapa hari sebelumnya mengunjungi negara yang terpapar virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV).

Ketua Tim Penanganan Infeksi Khusus RSHS, dr Yovita Hartantri Sp.PD-KPTI, mengatakan pasien pertama yang dirawat tersebut adalah seorang laki-laki berusia 35 tahun dan baru pulang beberapa hari lalu dari Sichuan, Cina. Pasien ini adalah WNA dari Cina yang bekerja di salah satu perusahaan di Indonesia.

Halaman
1234
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved