Bangunan Sekolah Ambruk

Tim Kemendikbud Sebut Kondisi Bangunan SMPN 2 Plumbon Mengkhawatirkan, 9 Kelas Harus Dikosongkan

‎terkait perbaikan pihak sekolah bisa melakukan pengisian form data sarpras yang ada di sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) secara online.

Tim Kemendikbud Sebut Kondisi Bangunan SMPN 2 Plumbon Mengkhawatirkan, 9 Kelas Harus Dikosongkan
Istimewa
Dua Kelas SMPN Plumbon ambruk 

Laporan wartawan TribunCirebon.com, Hakim Baihaqi

TRIBUNCIREBON.COM- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)‎ Republik Indonesia, melakukan peninjauan ke Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Plumbon, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon.

Dua ruang SMPN 2 Plumbon di Desa Gombang, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, ambruk pada Selasa siang (1/10/2019) dan menyebabkan puluhan siswa mengalami luka-luka.

‎Hasil pemeriksaan, tim dari Kemendikbud menemukan sembilan ruangan di SMPN 2 Plumbon dalam kondisi tidak layak, dimulai dari retakan bagian tembok, kayu rapuh, hingga perubahan bentuk kontruksi bangunan

Pihak Kemendikbud pun memerintah kepada pihak sekolah untuk mengosongkan sembilan ruang kelas tersebut, hingga selesai proses perbaikan.

"Perbaikan belum diputuskan, harus dilaporkan dahulu ke kementerian. Untuk sementara siswa ke tempat yang aman dahulu," kata Staf Sarpras Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Kemendikbud, Diki Abdul Kodir, seusai peninjauan, Rabu (2/10/2019).

Diki mengatakan, ‎terkait perbaikan pihak sekolah bisa melakukan pengisian form data sarpras yang ada di sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) secara online.

Namun begitu, kata Diki, pihak sekolah harus bersabar, lantaran dalam mengurus seluruh ruang kelas sekolah satu Indonesia, harus selektif.

‎"Pengajuannya bisa didampingi tim komite sekolah dan ahli. Secepatnya, saya lihat ini kondisinya sangat mengkhawatirkan," katanya.

Inilah Daftar Nama Korban Ruang Kelas SMPN 2 Plumbon yang Ambruk, 7 Korban Masih Dirawat

Dua Ruang Kelas SMPN 2 Plumbon Cirebon Ambruk, Siswa yang Terdampak Diliburkan

Dua kelas yang roboh tersebut, terjadi pada saat proses kegiatan belajar mengajar (KBM).

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved