Gunung Tangkuban Perahu Erupsi Terus-menerus Tak Berhenti Sejak Jumat Pagi Hingga Sabtu Siang

dia mengatakan bahwa erupsi yang terjadi di gunung yang berada di KBB dan Subang ini masih bersifat erupsi freatik.

Tribun Jabar/Haryanto
Seismograf di Pos Pemantauan Gunungapi Tangkubanparahu yang menunjukkan adanya aktivitas gunung yang cukup tinggi, Sabtu (3/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun, Haryanto

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Hingga Sabtu (3/8/2019) siang, erupsi dari kawah Gunungapi Tangkuban Perahu masih terjadi secara terus-menerus.

Erupsi yang terus-menerus itu dipicu dari erupsi yang terjadi pada Kamis (1/8/2019) malam.

"Hingga saat ini masih erupsi, sejak erupsi kemarin, Jumat (2/8/2019) pagi sekitar pukul 08.00 WIB," kata Kepala Pos Pengamatan Gunungapi Tangkubanparahu, Hendri Deratama saat ditemui Tribun Jabar di posnya, Tangkubanparahu, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (3/8/2019).

Hendri pun  menunjukkan seismograf yang berada di salah satu  ruang posnya. Diketahui, erupsi di hari Kamis malam itu terjadi sebanyak empat kali, lalu Jumat dini hari hingga pagi erupsi dengan jumlah yang sama.

Disambung secara terus-menerus hingga Sabtu siang ini. Tanda erupsi yang terus terjadi terlihat dari seismograf yang terus bergerak dengan amplitudo sejauh 30 hingga 50 milimeter.

Meski demikian dia mengatakan bahwa erupsi yang terjadi di gunung yang berada di KBB dan Subang ini masih bersifat erupsi freatik.

"Status masih level II atau waspada, sifat letusannya freatik. Erupsi menerus ini lebih kecil dibandingkan letusan yang terjadi Jumat (26/7/2019) lalu," ucapnya.

Foto Bugil Siti Badriah & Krisjiana Tersebar Luas di Medsos, Saling Menempelkan Kening, Mabuk Asmara

Inul Daratista Pakai Baju Seksi Pamer Foto di Ranjang Bareng Mas Adam: Aku Sudah Siap Disikat Mas

 Pascaerupsi susulan, Gunung Tangkubanparahu yang masuk wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang kembali ditutup, Jumat (2/8/2019).

Pantauan Tribun Jabar di Pos pemantauan Gunungapi Tangkubanparahu, sejumlah aparat kepolisian dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang dan Bandung Barat tampak bersiaga.

Halaman
1234
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved