Breaking News:

Gempa di Kuningan

Titik Sesar Ditemukan di Kuningan, Pernah Terjadi Gempa yang Merusak Rumah Tahun 2020

Ada titik sesar yang ditemukan di Kuningan. Melintasi tiga kecamatan, termasuk Cibingbin.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: taufik ismail
Istimewa
Warga Desa Cipondok membetulkan atap rumah yang rusak terdampak gempa Brebes di Cibingbin, Kuningan, Jumat (11/12/2020). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM,KUNINGAN - Gempa bumi juga mengancam Kabupaten Kuningan.

Hal itu menyusul dengan ditemukannya sesar di Kuningan yang terdapat di Kecamatan Mandirancan, Kecamatan Cilimus, dan Kecamatan Cibingbin.

Demikian hal itu dikatakan Kepala BPBD Kuningan Indra Bayu Permana saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (19/12/2022).

Indra menyebut, kemunculan titik sesar di Kuningan itu berdasarkan kajian dan analisa dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Hal tersebut tentu sudah dilakukan pembahasan tingkat pemerintahan daerah setempat.

"Hasil penelitian PVMBG untuk titik sesar itu sejajar dari titik yang berada di Desa Baribis, Kabupaten Majalengka. Kemudian titik sesar di Kuningan itu di antaranya di Mandirancan, Cilimus dan di Kecamatan Cibingbin terdapat di Desa Ciangir dan Cipondok," katanya.

BPBD telah melakukan sosialisasi kebencanaan dan kesiap-siagaan terhadap ancaman bencana alam saat terjadi.

Kemudian, kondisi ini bisa masuk dalam muatan lokal di sektor akademik hingga menjadi pengetahuan bagi pelajar di berbagai tingkatan.

"Segala bentuk pencegahan dan antisipasi saat terjadi ancaman bencana alam, kami terus sosialisasi kesiapsiagaan melalui pendidikan dan latihan. Seperti belum lama, kita berkesinambungan membentuk Destana (Desa Tanggap Bencana), juga selalu mensosialisasikan tanggap bencana pada satuan pendidikan di berbagai lembaga pendidikan di Kuningan," ujarnya.

Selain itu, kata Indra BP mengatakan, bencana alam di titik sesar tersebut pernah terjadi sekitar dua tahun lalu dan menimbulkan kerusakan bangunan rumah warga di Kecamatan Cibingbin.

"Mengenai titik sesar menjadi ancaman gempa bumi di Kuningan, ini pernah terjadi sekitar tahun 2020. Bersamaan itu sempat terjadi gempa bumi dengan titik kejadian di Kabupaten Brebes. Padahal, titik terjadi itu ada di Kecamatan Cibingbin hingga membuat kerusakan beberapa bangunan rumah warga dengan kategori rusak sedang," ujarnya.

Selain ancaman gempa bumi, Indra menyebut, ancaman bencana alam di Kuningan juga berpotensi saat cuaca tak menentu seperti sekarang.

Bencana alam terjadi itu diantaranya longsor dan kebakaran kawasan hutan dan ladang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved