Breaking News:

Aturan Perjalanan

Aturan Baru, Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Wajib Sudah Divaksin Booster Mulai Hari Ini

Seluruh penumpang kereta api jarak jauh wajib sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster mulai hari ini.

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Sejumlah penumpang saat menunggu kereta api langsir di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon. Ini aturan terbaru kereta api jarak jauh wajib 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Seluruh penumpang kereta api jarak jauh wajib sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster mulai hari ini.

Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Takdir Santoso, mengatakan, aturan terbaru tersebut berlaku bagi penumpang usia 18 tahun ke atas yang akan naik kereta api jarak jauh.

Menurut dia, aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI Nomor 84 Tahun 2022 yang baru dikeluarkan akhir pekan lalu.

"Aturan tersebut berlaku secara efektif mulai hari ini," ujar Takdir Santoso saat ditemui di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Selasa (30/8/2022).

Baca juga: Aturan Terbaru Naik Kereta Api di Jakarta & Sekitarnya, Usia 18 Tahun Wajib Booster Mulai 30 Agustus

Ia mengatakan, pada surat edaran sebelumnya penumpang yang berusia 18 tahun ke atas dan belum divaksin booster dapat naik kereta api jarak jauh.

Namun, mereka menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19 dari hasil pemeriksaan rapid test antigen yang berlaku 1 × 24 jam maupun swab test PCR berlaku 3 × 24 jam.

Selain itu, dalam surat edaran yang terbaru juga disebutkan bahwa syarat naik kereta api jarak jauh bagi penumpang usia 6 - 17 tahun wajib telah divaksin dosis kedua.

Baca juga: Aturan Baru Naik Pesawat 30 Agustus 2022: Baru Divaksin Dosis Kedua, Tak Boleh Terbang

"Jika belum divaksin karena alasan medis, maka wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah," kata Takdir Santoso.

Ia mengatakan, khusus penumpang yang tiket keberangkatannya 30 Agustus - 12 September 2022 yang belum divaksin booster dapat membatalkan tiket kereta apinya.

Pembatalan itu paling lambat H+7 tanggal keberangkatan di loket stasiun atau Contact Center KAI melalui WhatsApp 081112111121, dan dipastikan bea pembeliannya dikembalikan 100 persen.

Pihaknya berjanji bakal menggencarkan sosialisasi kebijakan terbaru selama masa transisi yang ditetapkan hingga 12 September 2022, sehingga para penumpang dapat mempersiapakannya.

"Kami mohon persyaratan terbaru ini diperhatikan secara seksama, dan warga yang belum vaksin booster segera mendatangi sentra vaksinasi terdekat," ujat Takdir Santoso.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved