Breaking News:

Pemilu 2024

Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024 Diluncurkan, Ketua KPU Berharap Lahirkan Pemimpin yang Baik

Ilham pun berharap di Pemilu 2024 nanti hadir pemimpin baik di eksekutif maupun legislatif yang baik, sehingga dapat menyejahterakan masyarakat.

Editor: dedy herdiana
CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.com
Komisioner KPU Ilham Saputra di Gedung KPU, Jakarta Pusat. Kamis (16/5/2019). 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Setelah diluncurkannya hari pemungutan suara pemilihan umum (Pemilu) 2024, Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Ilham Saputra mengatakan, hasil Pemilu akan menentukan roda pemerintahan selama lima tahun mendatang.

Seperti diketahui sebelumnya  KPU RI telah menetapkan tanggal pemungutan suara pemilihan umum serentak yakni tanggal 14 Febuari 2024. 

Ilham pun berharap di Pemilu 2024 nanti hadir pemimpin baik di eksekutif maupun legislatif yang baik, sehingga dapat menyejahterakan masyarakat.

"Kita berharap pemimpin-pemimpin kita ke depan bisa menyejahterakan masyarakat, menyejahterakan bangsa ini," ujar Ilham dalam acara Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024 yang disiarkan secara daring, Senin (14/2/2022).

"Kita berharap muncul pemimpin-pemimpin legislatif dan eksekutif yang baik dan bisa berkoordinasi dengan baik untuk menyejahterakan masyarakat," tambahnya.

Baca juga: Antisipasi Permasalahan di Pemilu 2024, Begini Upaya Bawaslu dan Kominfo Majalengka

Ilham mengatakan, hal ini harus dimulai dengan penyelenggaraan pemilu yang demokratis.

Untuk mendukung hal tersebut, kesiapan anggaran, regulasi, hingga hal-hal teknis lainnya perlu dipastikan.

Ia pun berharap penyelenggara pemilu periode 2022-2027 dapat menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan baik.

"Saat ini seluruh infrastruktur itu sedang kita siapkan. Kami berharap penyelenggara pemilu periode berikutnya bisa mengikuti dan menjalankan pemilu dengan baik berdasarkan landasan yang sudah kami buat, misal sistem informasi dan rekapitulasi," ucapnya.

Tanggal 14 Februari 2024

KPU RI resmi menetapkan hari, Rabu tanggal 14 Februari 2024 sebagai hari pemungutan suara Pemilu 2024.

Hal ini tertuang dalam Keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022 yang ditetapkan pada 31 Januari 2022.

Ketua KPU RI lham Saputra menjelaskan penetapan tanggal pemungutan suara Pemilu berdasarkan Pasal 167 ayat (2) dan Pasal 347 ayat (2) Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

"Perlu ditetapkan hari dan tanggal pemungutan suara pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024," kata Ilham dikutip dari siaran pers KPU, Sabtu (31/1/2022).

Berdasarkan Pasal 167 ayat (5), pemungutan suara di luar negeri dapat dilaksanakan bersamaan atau sebelum pemungutan suara pada hari libur atau hari yang diliburkan secara nasional di Indonesia.

Adapun Pemilu Serentak 2024 dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia, yang mencakup pemilihan untuk Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Rakyat Kabupaten/Kota.

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketua KPU: Hasil Pemilu Tentukan Roda Pemerintahan Selama 5 Tahun, Semoga Muncul Pemimpin yang Baik"

dan tayang di Tribunnews.com dengan judul Terbitkan SK, KPU Resmi Tetapkan 14 Februari 2024 Jadi Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved