Breaking News:

Pesisir Kesenden Kota Cirebon Dipenuhi Sampah, Ketua FPKS DPRD Jabar Minta Semua Pihak Turun Tangan

Tumpukan sampah tampak memenuhi kawasan pesisir Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat, Haru Suandharu (kedua kanan), saat meninjau kawasan pesisir yang dipenuhi sampah di Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Kamis (9/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Tumpukan sampah tampak memenuhi kawasan pesisir Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Bahkan, kondisi itu menjadi kendala bagi para nelayan asal Kelurahan Kesenden karena mengakibatkan sedimentasi di muara Sungai Kedungpane.

Lurah Kesenden, Ruliyanto, mengatakan, setelah melaut para nelayan harus menunggu air pasang untuk menyandarkan perahunya di muara Sungai Kedungpane.

"Mereka harus menunggu hingga tiga sampai empat jam untuk bersandar," kata Ruliyanto saat mendampingi Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat, Haru Suandharu, meninjau pesisir Kelurahan Kesenden, Kamis (9/12/2021).

Baca juga: Di Singaraja Indramayu, Maggot Dipakai untuk Kurangi Sampah, Warga Juga Bisa Setor Sampah Jadi Uang

Baca juga: Alat Berat Kehabisan BBM, 30 Truk di Bandung Barat Belum Buang Sampah ke TPA Sarimukti

Ia mengatakan, kondisi tersebut memengaruhi penghasilan nelayan karena ikan yang didapat dari melaut pun tidak segar lagi sehingga harganya turun.

Namun, pihaknya mengakui beberapa waktu lalu sedimentasi Sungai Kedungpane sempat dikeruk dan sampah yang memenuhi di pesisir Kelurahan Kesenden pun diangkut.

"Beberapa hari terakhir sempat hujan deras sehingga sungainya dangkal lagi dan kawasan pesisir kembali dipenuhi sampah yang hanyut terbawa arus," ujar Ruliyanto.

Sementara Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat, Haru Suandharu, menyampaikan, masalah sampah di pesisir Kelurahan Kesenden tergolong kompleks.

Karenanya, ia meminta semua pihak dari mulai Pemkot Cirebon, Pemprov Jabar, pemerintah pusat, dan dinas teknis turun tangan untuk mengatasinya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved