Breaking News:

SOSOK Irjen Lotharia Latif Kapolda NTT Digugat Usai Memecat Anak Buahnya yang Hamili Wanita

Kapolda NTT digugat Johanes Imanuel Nenosono, mantan anggota Polres Timor Tengah Selatan berpangkat bripda yang dipecat karena melanggar kode etik

Editor: Mumu Mujahidin
humaspolri.go.id
Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif yang digugat bekas anggotanya karena dipecat. Berikut profil dan biodatanya. 

TRIBUNCIREBON.COM - Irjen Lotharia Latif, Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) yang digugat anak buah karena telah memecatnya. 

Kapolda NTT digugat Johanes Imanuel Nenosono, mantan anggota Polres Timor Tengah Selatan berpangkat bripda yang dipecat karena melanggar kode etik dan disiplin.

Johanes dipecat setelah menghamili seorang perempuan dan tak mau bertanggungjawab hingga korbannya melahirkan

Johanes bahkan mendesak perempuan itu untuk menggugurkan kandungannya. 

Tak hanya itu, Johanes juga diketahui meninggalkan tugas tanpa alasan yang sah serta tanpa izin dari pimpinan selama lebih dari 30 hari.

Ilustrasi: kolase polisi dan ibu hamil
Ilustrasi: kolase polisi dan ibu hamil (Istimewa)

Johanes dipecat pada September 2021 sesuai keputusan Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT) Nomor : KEP/393/IX/2021.

Tak terima dengan pemecatakan itu, Johanes pun menggugatnya. 

Menanggapi hal ini, Irjen Lotharia Latif menanggapi mengatakan, anggota Polri memang diikat aturan yang sangat ketat sehingga tak boleh melanggar kode etik, disiplin, hingga persoalan pidana.

"Kalau yang bersangkutan (Johanes) bukan anggota polisi, tidak berlaku aturan Polri. Tapi, ketika dia memilih profesi Polri, wajib hukumnya patuh dan taat pada aturan internal Polri, baik itu etika, disiplin, atau pidana," ujar Lotharia kepada sejumlah wartawan, Selasa (23/11/2021).

 
Ia menjelaskan, anggota polisi bisa dipecat walau ia tak terlibat tindakan pidana.

Umumnya mereka dipecat karena melanggar kode etik dan disiplin berat sehingga tak layak dipertahankan menjadi anggota Polri.

Halaman
1234
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved