Breaking News:

Kesehatan

Daun Sukun Ternyata Ampuh Sembuhkan Diabetes, Begini Cara Mengolahnya Jadi Obat

Jika radang gusi ini tidak dirawat, lama kelamaan dapat menyebabkan gigi-geligi goyah, kemudian tanggal.

manfaatbuahdaun.com
Daun Sukun Ternyata Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Diabetes adalah salah satu masalah kesehatan terbesar di dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), terdapat 10 juta kasus diabetes terjadi di Indonesia dan jumlah tersebut masih akan terus meningkat.

Dikutip dari laman resmi UGM, salah satu masalah yang sering dialami oleh penderita diabetes adalah peradangan pada gusi. Gusi penderita akan tampak bengkak, berwarna merah dan akan lebih mudah berdarah jika terkena tekanan, misalnya pada saat menyikat gigi.

Jika radang gusi ini tidak dirawat, lama kelamaan dapat menyebabkan gigi-geligi goyah, kemudian tanggal.

Melihat permasalahan, ini mendorong lima mahasiswa UGM dengan bimbingan drg. Tetiana Hastuti, M.Kes., Ph.D membuat obat berupa gel ekstrak daun sukun "Believe Gel" untuk perawatan radang gusi pada penderita diabetes.

Mereka adalah Wida Ningrum Putri Utomo, Chintia Arifa Priyanti, Ryadhiljannah, Dhiyaul Muslimah (Fakultas Kedokteran Gigi) dan Esti Yunita (Fakultas Farmasi).

Wida Ningrum, salah satu anggota tim mengatakan peradangan gusi pada penderita diabetes mengalami penyembuhan yang lebih lama dibandingkan dengan orang-orang yang tidak menderita diabetes.

Sayangnya, saat ini perawatan radang gusi antara penderita diabetes dan non penderita diabetes dilakukan dengan cara yang sama, yaitu hanya dengan menghilangkan faktor lokal melalui pembersihan karang gigi.

"Metode seperti ini tentu belum cukup. Sementara daun sukun selama ini baru dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional, untuk mengobati hipertensi, sirosis hati dan diabetes. Padahal, potensi masih banyak dan belum banyak dimanfaatkan dalam dunia kedokteran gigi,” ujar Wida, di Fakultas Kedokteran Gigi UGM, Selasa (4/7).

Menurut Wida, daun sukun mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat, salah satunya flavonoid.

Flavonoid merupakan komponen alami yang memiliki aktivitas antiinflamasi pada manusia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved