Breaking News:

Warga Pasiripis Majalengka 'Geropyokan' Serang Hama Tikus Jelang Musim Tanam

Geropyokan sendiri merupakan aksi pembasmian demi mengendalikan tikus sawah. dilakukan oleh beberapa orang dengan menggunakan alat yang sederhana

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Masyarakat melakukan kegiatan geropyokan (aksi basmi hama tikus) di Desa Pasiripis, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Rabu (3/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Warga Desa Pasiripis, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka melakukan aksi 'geropyokan' hama tikus secara bergotong royong di lahan pertanian, Rabu (3/11/2021).

Aksi itu merupakan tradisi yang dilakukan menjelang musim tanam pada masa lalu.

Geropyokan sendiri merupakan aksi pembasmian demi mengendalikan tikus sawah.

Geropyokan dilakukan oleh beberapa orang dengan menggunakan alat yang sederhana, di antaranya cangkul, alat pemukul dan jaring.

Para warga khususnya petani menyebut, menjelang musim tanam hama tikus dianggap merajalela hingga merusak tanaman pangan di daerahnya.

Baca juga: Dinas Pertanian Majalengka Jamin Ketersediaan Pupuk Subsidi, Jelang Musim Tanam Kedua

Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana yang juga suami dari Kepala Desa Pasiripis, Siti Mulyawati mengatakan, gelaran festival geropyokan dilatarbelakangi banyaknya lahan pertanian warga yang diserang hama tikus di masa tanam musim lalu.

Disebutkan dia, bahwa para petani mengeluhkan hama tikus membuat produksi padi menurun.

"Ini sengaja kita gagas dan kita adakan karena melihat masa musim tanam tahun kemarin bahwa ada area lahan pertanian masyarakat yang lahannya secara total dirusak sama hama tikus," ujar Tarsono, Rabu (3/11/2021).

Berangkat dari situ, pihaknya mengajak istri yang menjabat sebagai Kepala Desa Pasiripis untuk menggelar Festival Geropyokan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved