Breaking News:

SOSOK Pangkostrad Dudung Abdurachman Disebut Pengamat Berpeluang Ganti Jenderal Andika Jadi KSAD

Pengamat Militer ISESS Khairul Fahmi mengatakan, Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman berpeluang menjabat posisi KSAD gantikan Jenderal Andika

Editor: Mumu Mujahidin
(Youtube KOMPAS.com)
Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrachman saat berbincang dengan Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho dalam tayangan BEGINU S2 EPS6: Dudung Abdurachman, Loper Koran dan Keberanian Bersikap Jenderal TNI di Kanal YouTube Kompas.com. 

TRIBUNCIREBON.COM - Siapa sosok pengganti Jenderal Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD)?

Pengamat Militer Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan, Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurrachmanan berpeluang menjabat posisi KSAD.

Hal itu menyusul Jenderal TNI Andika Perkasa dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Calon Panglima TNI.

"Soal siapa pengganti KSAD ya, saya kira Pak Dudung saat ini bisa dibilang sangat berpeluang," kata Khairul Fahmi saat dihubungi Tribunnews, Rabu (3/11/2021).

Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrachman saat berbincang dengan Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho dalam tayangan BEGINU S2 EPS6: Dudung Abdurachman, Loper Koran dan Keberanian Bersikap Jenderal TNI di Kanal YouTube Kompas.com.
Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrachman saat berbincang dengan Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho dalam tayangan BEGINU S2 EPS6: Dudung Abdurachman, Loper Koran dan Keberanian Bersikap Jenderal TNI di Kanal YouTube Kompas.com. ((Youtube KOMPAS.com))

Meski begitu, Khairul mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan sosok-sosok lain yang juga berpeluang untuk menjadi KSAD.

"Tapi bukan berarti tidak ada sosok lain yang juga berpeluang menjadi KSAD menggantikan Pak Andika yang ditunjuk menjadi Panglima TNI," tambahnya.

Khairul pun menyebut, Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono yang juga punya peluang besar menjadi KSAD.

Terlebih, kata Khairul, Eko Margiyono memiliki rentan waktu bertugas yang terbilang lama sebelum memasuki masa pensiun.

"Pak Dudung akan pensiun pada November 2023, sama dengan Pak Yudo Margono (KSAL)," ucapnya.

"Artinya kalau kita bicara kepentingan regenerasi baik di tubuh Angkatan Darat maupun di TNI, secara umum terkait konstelasi Panglima TNI berikutnya pasca Andika yang akan pensiun pada Desember 2022, saya kira Pak Dudung, penunjukan Pak Dudung sebagai KSAD tidak akan berdampak positif bagi proyeksi regenerasi TNI pasca Pak Andika," jelasnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved