Breaking News:

Presiden Jokowi Disapa Ratu Belanda, Tergopoh-gopoh Sodorkan Tangan, Indonesia Jabat Presidensi G20

Momen Presiden Joko Widodo ( Jokowi) disapa Ratu Belanda, Ratu Maxima, di KTT G20 Roma, viral di sejumlah media sosial.

Penulis: Machmud Mubarok | Editor: Machmud Mubarok
Tangkapan Layar Video/Twitter
Ratu Belanda, Ratu Maxima, menyapa Presiden Jokowi di sela pertemuan G20 di Roma. 

TRIBUNCIREBON.COM - Momen Presiden Joko Widodo ( Jokowi) disapa Ratu Belanda, Ratu Maxima, di KTT G20 Roma, viral di sejumlah media sosial.

Ratu Belanda terlihat akan duduk di kursinya. Namun ia melihat Presiden Jokowi sedang berbincang  akrab dengan pemimpin negara lain. 

Langsung saja Ratu Maxima mendekati untuk menyapa. Ia bahkan membuka masker agar Presiden Jokowi mengenalinya.

Disapa sang Ratu, Presiden Jokowi yang sedang asyik berbincang, tergopoh-gopoh membalas sapaan Ratu Maxima dengan cara membungkukkan badan.

Ia pun menyodorkan kedua tangan untuk bersalaman tanpa menjabat  tangan yang disambut Ratu Maxima.

Baca juga: Kode Presiden Jokowi dan Peluang Jenderal Andika Jadi Panglima TNI, Siapa Pengganti Marsekal Hadi?

Baca juga: Jokowi Dorong Becak Antar Lansia Vaksin Covid-19 Menjadi Juara Festival Mural di Polda Jateng

Indonesia meneruskan estafet keketuaan atau presidensi G20 dari Italia dan untuk pertama kalinya akan memegang Presidensi G20 pada tahun 2022. Penyerahan presidensi tersebut dilakukan pada sesi penutupan KTT G20 Roma yang berlangsung di La Nuvola, Roma, Italia, Minggu (31/10/201).

Perdana Menteri Italia Mario Draghi secara simbolis menyerahkan palu kepada Presiden Jokowi yang kemudian mengetukkan palu tersebut. Dikutip dari Setkab.go.id, Presiden Jokowi mengapresiasi Italia yang telah berhasil memegang Presidensi G20 tahun 2021.

“Saya sampaikan selamat kepada Italia yang telah sukses menjalankan Presidensi G20 di tahun 2021. Indonesia merasa terhormat untuk meneruskan Presidensi G20 di tahun 2022,” ujar Presiden Jokowi

Jokowi undang pemimpin dunia ke Bali 2022 Presiden Jokowi menjelaskan bahwa Presidensi G20 Indonesia akan mendorong upaya bersama untuk pemulihan ekonomi dunia dengan tema besar “Recover Together, Recover Stronger”.

Pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadi komitmen utama kepemimpinan Indonesia di G20.

“G20 harus menjadi motor pengembangan ekosistem yang mendorong kolaborasi dan inovasi ini. Hal ini yang harus terus kita perdalam pada pertemuan-pertemuan kita ke depan,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden secara langsung mengundang para pemimpin dunia yang hadir untuk melanjutkan diskusi pada KTT G20 di Indonesia yang rencananya digelar di Bali pada 30-31 Oktober 2022.

“Kami akan menjamu Yang Mulia dan Bapak, Ibu, di ruang terbuka, di hamparan pantai Bali yang indah, yang menginspirasi gagasan-gagasan inovatif untuk produktivitas G20 ke depan. Sampai bertemu di Indonesia. Terima kasih,” ungkapnya. 

Masa kepresidenan selama setahun, yang secara resmi dimulai pada 1 Desember dan berakhir pada 30 November, akan mencapai puncaknya dengan KTT G20 di Pulau Bali pada Oktober tahun 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Resmi Pimpin G20, Jokowi Undang Pemimpin Dunia ke Bali 2022", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/01/133000365/indonesia-resmi-pimpin-g20-jokowi-undang-pemimpin-dunia-ke-bali-2022.
Penulis : Luthfia Ayu Azanella
Editor : Rizal Setyo Nugroho



Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved