Breaking News:

Dokter Spesialis Kandungan Minta Ibu Hamil Segera Divaksin Covid-19, Ungkap Juga Manfaat Bagi Janin

Dokter Spesialis Kandungan sekaligus Pemilik RSIA Cahaya Bunda Kota Cirebon, dr Yasmin Dermawan, minta semua ibu hamil segera disuntik vaksin Covid-19

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: dedy herdiana
The Guardian
Ilustrasi ibu hamil olahraga jalan kaki-- Dokter Spesialis Kandungan sekaligus Pemilik RSIA Cahaya Bunda Kota Cirebon, dr Yasmin Dermawan, minta seluruh ibu hamil segera disuntik vaksin Covid-19. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Dokter Spesialis Kandungan sekaligus Pemilik RSIA Cahaya Bunda Kota Cirebon, dr Yasmin Dermawan, minta seluruh ibu hamil segera disuntik vaksin Covid-19.

Sebab, menurut dia, vaksinasi tersebut bertujuan untuk melindungi ibu hamil dan janin yang dikandungnya dari penyebaran Covid-19.

Selain itu, pihaknya juga memastikan vaksinasi tidak mempunyai dampak negatif, namun justru dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu maupun janinnya.

Baca juga: Jadwal Vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon Hari Ini, Sabtu 2 Oktober 2021, Ada di Empat Lokasi

Bahkan, vaksin yang disuntikan kepada ibu hamil juga bakal menyalurkan antibodi ke janin sehingga sistem kekebalan tubunnya lebih kuat.

"Bisa dibilang ibu hamil wajib divaksin, karena risiko terpaparnya besar sekali," kata Yasmin Dermawan saat ditemui di RSIA Cahaya Bunda, Jalan Perjuangan, Kota Cirebon, Sabtu (2/10/2021).

Pemilik sekaligus dokter spesialis kandungan dan kebidanan RSIA Cahaya Bunda, dr Yasmin Dermawan, SpOG.
Pemilik sekaligus dokter spesialis kandungan dan kebidanan RSIA Cahaya Bunda, dr Yasmin Dermawan, SpOG. (TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

Ia mengatakan, para ibu hamil khususnya di Cirebon tidak perlu takut untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 yang sebenarnya mempunyai manfaat besar.

Saat ibu hamil terpapar Covid-19 yang notabene virusnya aktif pun tidak berdampak apa-apa bagi janin yang dikandungnya.

Baca juga: Orang yang Pernah Positif Covid-19 Kini Bisa Langsung Divaksin Sebulan Setelah Sembuh

Apalagi vaksin yang merupakan virus yang telah dilemahkan. Karenanya, pihaknya mendorong ibu hamil tidak ragu untuk divaksin.

"Tingkat fatalitas ibu hamil saat terpapar Covid-19 cukup tinggi, sehingga vaksinasi ini diperlukan untuk menurunkannya," ujar Yasmin Dermawan.

Yasmin menyampaikan, berdasarkan data Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) tingkat kematian ibu hamil di Indonesia yang terpapar Covid-19 mencapai 22 persen.

Artinya, dari lima ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 satu di antaranya meninggal dunia. Angka tersebut terbilang cukup tinggi.

Selain itu, POGI juga merilis jenis vaksin yang direkomendasikan untuk diberikan kepada ibu hamil, di antaranya, Sinovac, Pfizer, dan Moderna.

Ia mengakui belum adanya penelitian lebih lanjut membuat vaksin Astrazaneca belum direkomendasikan untuk diberikan kepada para ibu hamil.

"Jika usia kandungannya minimal telah mencapai 13 minggu maka ibu hamil bisa divaksin Covid-19," kata Yasmin Dermawan.

Baca juga: Aksi Heroik Istri Selamatkan Suami yang Sudah Diterkam Buaya dan Diseret di Sungai, Ini Kronologinya

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved