Breaking News:

Banyak TKW Ilegal Berakhir Tragis, SBMI Indramayu Ungkap Cara Daftar TKW yang Sesuai Prosedural

SBMI Indramayu pun sudah membuat skema pendaftaran PMI yang aman dan resmi sebagai panduan bagi masyarakat yang hendak bekerja ke luar negeri.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mumu Mujahidin
TribunCirebon.com/Handhika Rahman
Ketua SBMI Cabang Indramayu saat menunjukan rekaman video Rokaya (40) yang mengalami sakit di Arbil, Irak, Jumat (24/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Diperkirakan ada banyak Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKW yang berangkat secara ilegal ke berbagai negara penempatan.

Di Kabupaten Indramayu sendiri, diperkirakan ada sebanyak 5 ribu lebih PMI yang berangkat melalui jalur tidak resmi tersebut per bulannya.

Berangkatnya Calon PMI melalui jalur unprosedural itu, mayoritas dikarenakan ketidak tahuan.

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu pun sudah membuat skema pendaftaran PMI yang aman dan resmi sebagai panduan bagi masyarakat yang hendak bekerja ke luar negeri.

Ketua SBMI Cabang Indramayu saat menunjukan skema pendaftaran PMI di Sekretariat SBMI Indramayu, Jumat (24/9/2021).
Ketua SBMI Cabang Indramayu saat menunjukan skema pendaftaran PMI di Sekretariat SBMI Indramayu, Jumat (24/9/2021). (Tribuncirebon.com/Handhika Rahman)

Skema ini melalui jalur private to private berdasarkan UU RI Nomor 18 tahun 2017 tentang Pelindungan PMI.

Ketua SBMI Indramayu, bagi Calon PMI sebaiknya melakukan pendaftaran melalui pemerintah desa, jangan melalui sponsor atau calo.

"Nantinya dari pemerintah desa akan menyampaikan ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) bahwa di desa ini ada Calon PMI yang siap diberangkatkan ke luar negeri," ujar dia kepada Tribuncirebon.com di Sekretariat SBMI Cabang Indramayu, Jumat (24/9/2021).

Masih disampaikan Juwarih, Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) pun seharusnya menyerahkan data perusahaan atau majikan luar negeri mana saja yang memerlukan tenaga kerja ke Disnaker.

Jangan justru, P3MI merekrut sponsor untuk menjaring tenaga kerja ke pelosok-pelosok desa.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved