Breaking News:

Fraksi-fraksi DPRD Kota Cirebon Sepakat Perubahan APBD 2021 Dibahas Lebih Lanjut

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati, itu fraksi-fraksi DPRD Kota Cirebon sepakat perubahan APBD 2021 dibahas lebih la

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
ISTIMEWA/DOK HUMAS DPRD KOTA CIREBON
Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati (kedua kanan), saat Rapat Paripurna Penyampaian Nota Keuangan Raperda Kota Cirebon tentang Perubahan APBD 2021 di Griya Sawala DPRD Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Senin (23/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Juru bicara tiap fraksi DPRD Kota Cirebon menyampaikan pemandangan umum terhadap perubahan APBD tahun 2021 dalam rapat paripurna di Griya Sawala DPRD Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Senin (23/8/2021).

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati, itu fraksi-fraksi DPRD Kota Cirebon sepakat perubahan APBD 2021 dibahas lebih lanjut.

Affiati menyampaikan, APBD dapat diubah saat terjadi beberapa hal dan sesuai amanat UU Nomor 23/2014 tentang pemerintah daerah dan perubahannya.

"Misalnya, akibat ketidaksesuaian dengan asumsi Kebijakan Umum Anggaran (KUA), dan pergeseran anggaran unit organisasi, kegiatan, serta antarjenis belanja," kata Affiati saat ditemui seusai rapat paripurna.

Baca juga: DPRD Kota Cirebon Minta DLH Benahi TPA Kopiluhur

Baca juga: Tunjang Program Kerja DPMPTSP, Komisi I DPRD Kota Cirebon Berikan 4 Rekomendasi Ini

Ia mengatakan, perubahan anggaran pun bisa disebabkan karena sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) pada tahun sebelumnya untuk pembiayaan tahun anggaran berjalan.

Menurut dia, pertimbangan dasar perubahan APBD kali ini ialah penetapan Perda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021, belum mengakomodir seluruhnya kegiatan, sehingga harus masuk dalam Perubahan APBD 2021.

Sementara Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, mengatakan, mata anggaran belanja pada Perubahan APBD 2021 masih melanjutkan kebijakan pada APBD murni.

"Fokus anggaran masih pada penanganan dan pencegahan Covid-19, khususnya program vaksinasi," ujar Nashrudin Azis.

Azis menyampaikan, dukungan operasional vaksinasi Covid-19 juga masih diprioritaskan dalam perubahan APBD 2021.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved