Breaking News:

Bendera Merah Putih Besar Dikibarkan di Kawah Gunung Ciremai, Ini Kata Kepala BPBD Kuningan

kelompok pencinta alam itu diketahui tidak hanya mengibarkan bendera merah putih saja. Mereka juga melaksanakan upacara HUT ke-76 RI  secara virtual.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
Kelompok pecinta alam memasang bendera merah putih berukuran besar di bagian atas kawah Gunung Ciremai pada peringatan HUT ke-76 RI, Selasa (17/8/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Sejumlah komunitas pencinta alam yang dikenal dengan sebutan Tram melakukan pengibaran bendera merah putih di kawah Gunung Ciremai untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-76 RI.

"Untuk pemasangan bendera di kawah Gunung Ciremai sebelumnya kordinasi ke BPBD. Apalagi kita masih menerapkan PPKM Darurat level 3 dan kebetulan dengan kebijakan Pemda untuk lokasi wisata dan pendakian Gunung Ciremai dibuka, akhirnya kita persilakan," kata Kepala BPBD Kuningan Indra Bayu Permana saat ditemui di Kantor Pendopo Kantor Kuningan, Selasa (17/8/2021).

Indra menyebut kelompok pencinta alam itu diketahui tidak hanya mengibarkan bendera merah putih saja. Mereka juga melaksanakan upacara HUT ke-76 RI  secara virtual.

"Iya mereka tidak hanya pasang bendera, tapi mereka laksanakan upacara secara virtual juga. Kemudian untuk diketahuinya, pelaksanaan kegiatan sama juga tersebar di luar Kuningan, seperti di Gua Manggung, Kepulaua Seribu dan di Tebing Cupang di Cirebon," kata Indra.

Baca juga: Peringati HUT ke-76 RI, Satlantas Polresta Cirebon Ajak Pengendara Hormati Bendera Merah Putih

Baca juga: Mangga Agrimania Khas Indramayu Jadi Hidangan di Istana Presiden pada HUT Ke-76 RI, Ini Kata Bupati

Mengenai ukuran bendera merah putih di yang dikibarkan, Indra mengaku tidak tahu persis ukuran panjang dan lebar daripada bendera tersebut.

"Untuk ukuran persisnya tidak tahu, namun melihat di foto dapat kirim, cukup besar juga atau sekitar lebih dari 20 meter untuk panjang," ujarnya.

Dalam pelaksanaan dilakukan komunitas pencinta alam itu melibatkan sekitar lebih dari sepuluh orang. 

Diketahui sebelumnya, jelang HUT Kemerdekaan k-76 RI, puncak Gunung Ciremai banyak diminati para pendaki.

"Jelang hari kemerdekaan, tiga jalur pendakian yang ada di Kabupaten Kuningan sudah full booking hingga Senin (16/8/2021) besok," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Teguh Setiawan melalui sambungan selulernya kepada wartawan, Minggu (15/8/2021) siang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved