Breaking News:

Cara Cek Hewan Kurban yang Anda Beli Sehat dan Layak atau Tidak Melalui Aplikasi e-Selamat

Bagi warga yang mau memastikan kesehatan dan kelayakan hewan kurban bisa gunakan aplikasi e-Selamat dari instagram DKPP atau link di website resminya.

Editor: Mumu Mujahidin
TribunJabar.id/Ferri Amiril Mukminin
Hewan kurban sapi yang dijual di Kabupaten Cianjur berkisar antara Rp 23 juta sampai dengan Rp 27 juta. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung punya terobosan terkait kelayakan dan kesehatan hewan kurban, melalui aplikasi yang dapat mendeteksi keabsahan bahwa hewan itu sudah diperiksa.

Kepala DKPP Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan aplikasi itu bernama e-Selamat.

Aplikasi tersebut memuat data hewan kurban yang telah diperiksa oleh tim pemeriksa hewan kurban.

Dia menjelaskan, biasanya para tim pemeriksa hanya menyematkan kalung sebagai tanda sehat dan layak untuk hewan kurban. Tapi, kali ini, katanya, dalam kalung dilengkapi barcode.

"Petugas pemeriksa bakal mengunggah beragam informasi hewan kurban di aplikasi e-Selamat berdasar hasil dari pemeriksaan. Lewat barcode itu calon pembeli bisa akses informasi tentang hewan kurban yang hendak dibelinya, seperti asalnya dari mana, syarat-syaratnya, usia, hingga kondisi kesehatannya," katanya, Kamis (15/7/2021) di Bandung.

Bagi warga yang mau memastikan kesehatan dan kelayakan hewan kurban bisa gunakan aplikasi e-Selamat dari instagram DKPP atau link di website resminya.

Kemudian, jika sudah miliki aplikasi itu, konsumen bisa gunakan dengan hanya memindai kode barcode yang tertera pada kalung hewan kurban.

"Saya yakin dengan aplikasi ini seleksi hewan kurban akan semakin ketat. Satu kode barcode hanya untuk satu ekor hewan yang sudah diperiksa," ujarnya seraya menyinggung ada isu bahwa kalung yang dipasangkan bisa dipindahkan ke hewan yang tak sehat.

Saat ini, lanjutnya, tim pemeriksa DKPP dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jabar sudah menyusuri ke titik-titik penjualan hewan kurban di 30 kecamatan di Kota Bandung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved