Breaking News:

Kebo Bule di Kuningan Masuk Daftar Jual Hewan Kurban, Ternyata Harganya Selangit, Ini Kata Pemilik

Diding mengungkap untuk jumlah hewan kurban itu terdiri dari sapi, kambing dan kerbau putih alias kebo bule

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Pengusaha ternak di Desa Cipakem Kecamatan Malaber Kuningan menyediakan sejumlah hewan kurban untuk Idul Adha 1442 pekan depan, Selasa (13/7/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Sepekan menjelang Idul Adha 1442 Hijiriah, penjualan hewan kurban dirasakan sepi oleh pedagang di Kuningan. Tak hanya sapi dan kambing, kerbau bule pun turut dijual.

"Untuk perayaan Idul Adha tahun sekarang jumlah pembelian berkurang, pengurangan pembelian hewan kurban ini dimungkinkan adanya PPKM Darurat, dimana sejumlah daerah juga sama melaksanakan penyekatan dari PPKM tersebut," ungkap Diding, peternak, saat ditemui di kandang sapi, di Desa Cipakem, Kecamatan Malaber, Kuningan - Jawa Barat, Selasa (13/7/2021).

Diding mengungkap untuk jumlah hewan kurban itu terdiri dari sapi, kambing dan kerbau putih alias kebo bule. Masing - masing jumlah disediakan untuk sapi ada sekitar 200 ekor, kambing 300 ekor dan satu ekor kebo bule.

"Jumlah hewan kurban terjual hingga sekarang, untuk sapi ada 130 ekor dan kambing sekitar 160 ekor. Mereka pembeli mayoritas daerah Jabodetabek," ujarnya.

Mengenai kebo bule, Diding mengaku hendak menjual sekitar Rp 50 juta dan melihat kondisi berat badan ditaksir ada sekitar 500 kilogram. "Ya taksiran kami, untuk kebo bule ini punya bobot sekitar 5 kuintal dan akan dijual seharga 50 juta an," katanya.

Baca juga: Penjualan Hewan Kurban di Indramayu Laris Manis, Pedagang Akui karena Hal Ini

Baca juga: Cara Beli Hewan Kurban Secara Online Saat PPKM Darurat, Ini Proses Pemilihan Sapinya

Baca juga: Idul Adha Sebentar Lagi, Penjual Hewan Kurban di Kabupaten Majalengka Menjerit

Di Masa Pandemi Covid-19 sekarang, Diding mengaku telah menyiapkan jasa atau tenaga dalam mengurus kurban nanti.

"Seperti untuk di daerah Jakarta. Kami sediakan tempat potong hewan atau rumah potong hewan beserta tenaga menguliti atau pengurusan saat penyembelihan hewan kurban tersebut," katanya.

Sapi kurban yang dipelihara peternak di Desa Cipakem Kecamatan Malaber Kuningan untuk Idul Adha 1442 H pekan depan, Selasa (13/7/2021).
Sapi kurban yang dipelihara peternak di Desa Cipakem Kecamatan Malaber Kuningan untuk Idul Adha 1442 H pekan depan, Selasa (13/7/2021). (TribunCirebon.com/Ahmad Ripai)

Untuk harganya, Diding menerangkan dalam satu ekor untuk harganya mulai dari Rp. 15 juta hingga Rp. 52 juta. Adapun jenis-jenis sapi yang disediakan ada sapi Simmental, Limosin, Brahman, Pegon, lokal (Sapi Kacang) dan lainnya.

"Kemudian untuk bobot sapi yang paling mahal harganya itu di atas Rp 52 juta dengan bobot beratnya 800 Kg. Sementara untuk satu ton itu belum ada, dan jenisnya pun susah," katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved