Breaking News:

Bom Raksasa Seberat 100 Kilogram di Kuningan Diledakkan Tim Gegana Sat Brimob Polda Jabar

Terpantau saat hendak melakukan pemusnahan bom raksasa, sejumlah warga ikut bantu membawa bom yang memiliki berat sekitar 100 Kg.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Mumu Mujahidin
Istimewa
Tim Gegana Sat Brimob Polda Jabar berhasil meledakkan bom raksasa yang ditemukan warga Desa Sagarahiang, Minggu (04/07/2021) 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Tim Gegana Sat Brimob Polda Jabar berhasil meledakkan bom raksasa yang ditemukan warga Desa Sagarahiang, Minggu (04/07/2021) kemarin.

Terpantau saat hendak melakukan pemusnahan bom raksasa, sejumlah warga ikut bantu membawa bom yang memiliki berat sekitar 100 Kg.

Aiptu Engkus Kusnadi sekaligus Panit Jibom Gegana Sat Brimob Polda Jabar usai proses pemusnahan bom raksasa tadi mengatakan, pemusnahan bom dilakukan dengan menggunakan alat peledak sehingga bom tersebut bisa dicerai-beraikan.

"Alhamdulillah kita telah melakukan disposal (penghancuran) bom jenis torpedo tersebut dengan cara dicerai-beraikan menggunakan alat Set-Charge, " kata dia kepada wartawan di lokasi sekitar pemusnahan bom di desa setempat, Senin (05/07/2021).

Diduga bahan peledak mirip rudal dengan ukuran besar ditemukan Desa Sagarahiang, Kecamatan Darma, Kuningan Jawa Barat, Minggu (4/7/2021).
Diduga bahan peledak mirip rudal dengan ukuran besar ditemukan Desa Sagarahiang, Kecamatan Darma, Kuningan Jawa Barat, Minggu (4/7/2021). (Dok humas Polsek Darma - Polres Kuningan)

Untuk berat bom raksasa yang dimusnahkan itu sekira lebih dari 100 kilogram dengan panjang 80 sentimeter dengan jenis bom raksasa itu adalah jenis torpedo yang dilepaskan dari pesawat pada puluhan tahun lalu.

"Pemusnahan bom dilakukan dengan lancar dan tertib. Kebetulan tadi hadir dan menyaksikan proses pemusnahan, Kapolsek Darma ( Iptu Bambang), Camat Darma,  (Eko Yuyud Mahendra) serta Kepala Desa setempat," ungkapnya.

Dalam proses peledakan bom tadi mengeluarkan suara sangat keras sekali dan peledakan tadi memiliki daya ledak bom tersebut bisa mencapai radius 500 meter dari titik pemusnahan tadi.

"Iya bom masih aktif, dan daya ledak nya mencapai radius 500 meter, tadi kita tertib lakukan pemusnahan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, video berdurasi 30 detik sekilas gegerkan jagat maya serta lapisan warga di Kabupaten Kuningan.

Baca juga: Diduga Bom Raksasa Mirip Rudal Gegekan Warga Sagarahiang Kuningan, Ditemukan Saat Gali Pondasi

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved