Breaking News:

Muncul Wacana Pemanfaatan Panas Bumi Gunung Ciremai Kuningan, Berikut Hasil Diskusi Kementerian ESDM

energi baru bersifat bersih lebih banyak di kawasan hutan terutama konservasi, untuk di Jabar sudah cukup banyak Salah Satunya Kuningan

Editor: Mumu Mujahidin
Travel Kompas
Gunung Ciremai: Muncul Wacana Pemanfaatan Panas Bumi Gunung Ciremai Kuningan, Berikut Hasil Diskusi Kementerian ESDM 

Laporan Kontributor Kuningan Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Muncul wacana pemanfaatan panas bumi bersumber dari kawasan Gunung Ciremai, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar webinar tentang bagaimana proyeksi panas bumi di Kuningan.

Dalam diskusi terbuka itu menghadirkan, Harun Al Rasyid, Puslitbang Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukanm dan Konservasi Energi, Balitbang, Kementerian ESDM, Prof. Dr. Achmad Sjarmidi Pakar Ekologi ITB, Forum Energi Bersih dan Berkeadilan Doni, dan sejumlah wartawan, Selasa (22/6/2021).

Diskusi online yang di mediasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, ini melangsungkan pembahasan tentang Energi Geothermal apa manfaat dan dampak kepada masyarakat serta bagaimana dampak terhadap lingkungan.

Harun sekaligus perwakilan Kementrian ESDM mengatakan bahwa panas bumi ini bisa diaplikasikan secara langsung dan tidak langsung.

Hal ini berbasis energi baru bersifat bersih. Potensi ini lebih banyak di kawasan hutan terutama konservasi, untuk di Jabar sudah cukup banyak salah satunya di Kuningan. 

"Berbicara di Kuningan, ada potensi  yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan energi langsung sebagai pembangkit  listrik panas bumi, atau bisa dimanfaatkan secara tidak langsung seperti agrobisnis pariwisata dan perkenalan," ungkap Harun

Ia menuturkan, Kuningan sendiri masih tahap awal, belum ada study yang detail.

Untuk study panas bumi ada 3G (Geologi, Geogifisika dan Geokimia)  untuk memetakan nilai awal di suatu kawasan.

"Jadi, panas bumi sendiri kalau untuk menjadi pemanfaatan langsung sendiri sangat diharapkan dan ini melalui kajian lingkungan sekitar sebelumnya," katanya.

Baca juga: Setelah Lebaran, Gunung Ciremai Diserbu Ratusan Pendaki, Ini Syarat dan Cara Daftar Daki CIremai

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved