Breaking News:

Setelah Lebaran, Gunung Ciremai Diserbu Ratusan Pendaki, Ini Syarat dan Cara Daftar Daki CIremai

Hingga Selasa (18/5/2021), petugas posko pendakian jalur Palutungan mencatat ada sebanyak 800 orang yang melalukan pendakian.

Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Sejumlah pendaki gunung Ciremai saat melakukan persiapan dan mendapat pemeriksaan petugas pos pendakian di jalur Palutungan Kuningan. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Balai Taman Nasional Gunung Ciremai resmi membuka kembali jalur pendakian Gunung Ciremai  pada13 Mei 2021. Hingga Selasa (18/5/2021), petugas posko pendakian jalur Palutungan mencatat ada sebanyak 800 orang yang melalukan pendakian.

“Iya ada 800 orang yang terdaftar dan mereka mengikuti persayaratan yang berlaku dalam melakukan pendakian Gunung Ciremai. Seperti registrasi dan perlengkapan surat sehat atau bebas covid-19,” ungkap Petugas Pos Pendakian Gunung Ciremai (PPGC) Sandy Baron saat ditemui di pos yang terletak di Desa Cisantana,Kecamatan Cigugur, Kuningan Jawa Barat, Selasa (18/5/2021).

Sandy Baron mengatakan bahwa sebelumnya pendakian sempat ditutup selama bulan Ramadan 1442 Hijriah.

Mengenai kebijakan di masa pandemic covid-19, menurut Sandy, kuota pendakian dibatasi hingga 50 persen dari yang jumlah maksimal 500 orang per hari.

“Untuk sekarang hingga sore saat ini jumlah masuk itu ada 250 orang. Kemudian untuk calon pendaki itu mayoritas warga dari wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan,” ujarnya.

Baca juga: Libur Lebaran, Jalur Pendakian Apuy Majalengka Diminati Pendaki Gunung Ciremai

Untuk memudahkan melakukan pendakian , kata Baron menyebut kebanyakan pendaki itu memesan tiket secara online maksimal H-1 pendakian.

“Pemesanan tiket ya secara online dan ini kebanyakan dilakukan para calon pendaki Gunung Ciremai. Mengenai caranya itu bisa di akses www.tngciremai.com atau https://bit.ly/BookingPendakianGunungCiremai,” ujarnya. 

Tentang Gunung Ciremai

Dilansir dari tngciremai.com, Gunung Ciremai adalah gunung soliter tertinggi di Jawa Barat dengan puncak tertinggi memiliki ketinggian 3.078 mdpl membentuk kerucut di sisi sebelah Utara.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved