Breaking News:

Info Daun Dewa

Manfaat Daun Dewa dan Cara Pengolahannya, Lakukan 8 Langkah Ini untuk Turunkan Darah Tinggi

Pengolahan obat yang berasal dari Daun Dewa, bisa dengan daun segar yang disajikan langsung ataupun dalam bentuk ekstrak, yaitu daun disterilkan dan d

Penulis: Machmud Mubarok | Editor: Machmud Mubarok
Wikipedia Commons
Bentuk Daun Dewa yang memiliki beragam khasiat dan kandungan manjur untuk berbagai obat. 

TRIBUNCIREBON.COM - Daun Dewa yang memiliki nama latin Gynura divaricata benar-benar berkualitas dewa.

Manfaat Daun Dewa ternyata bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Dituliskan di Buku Pintar Tanaman Obat, terbitan AgroMedia tahun 2008,  Daun Dewa memiliki panjang 20 cm, lebar 10 cm, dengan tangkai pendek, bulat lonjong berdaging, berbulu halus, ujung daunnya lancip, bertoreh pada tepi daun serta warna hijau keunguan.

Daun dewa juga memiliki bunga majemuk yang tumbuh di ujung batang, berkelopak hijau berbentuk cawan, dan benang sari berwarna kuning berbentuk jarum.

Baca juga: MANFAAT Daun Dewa, Ampuh Obati Diabetes, Bikin Sperma Tokcer, Begini Cara Benar Mengolahnya

Perkembangbiakan

Tumbuh di daerah dengan ketinggian 200-800 meter di atas permukaan air laut (dpl), Daun Dewa berkembang biak dengan umbi atau stek batang.

Tak jarang bila penanganan tidak tepat, Daun Dewa bisa saja terserang hama. Salah satu hama yang sering menyerang Daun Dewa adalah kutu putih. Upaya pengendalian hama dapat menggunakan pestisida alami atau pestisida nabati.

Kita dapat membuat sendiri pestisida nabati menggunakan daun mimba, akar tuba, dan tembakau. Dengan cara ditumbuk halus, lalu direndam air dan dibiarkan semalaman. Keesokan harinya ramuan tersebut disaring, kemudian dilarutkan dengan air hangat.

Hasilnya disemprotkan pagi atau sore hari ketika cuaca cerah, tidak hujan, yang akan menghilangkan khasiat pembasmi hamanya. Hindari penyemprotan pada siang hari, karena sinar matahari yang terik dapat menguraikan bahan aktif pestisida organik tersebut.

Macam pupuk yang dapat digunakan untuk tanaman Daun Dewa adalah pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi, kambing, kerbau ataupun ayam, dan pupuk organik atau yang alami seperti kompos.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved