Breaking News:

Pengakuan Relawan Pemulasaraan Covid-19 di Indramayu, Terpaksa Hutang dan Bantu Masak di Hajatan

Kejadian honor belum dibayar untuk para relawan tim pemulasaraan jenazah Covid-19 juga terjadi di Kabupaten Indramayu.

Istimewa
Tim pemulasaraan jenazah Covid-19 Kabupaten Indramayu saat menjalani tugas memakamkan jenazah. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Kejadian honor belum dibayar untuk para relawan tim pemulasaraan jenazah Covid-19 juga terjadi di Kabupaten Indramayu.

Sebanyak 16 relawan yang tergabung dalam tim pemulasaraan jenazah Covid-19 Kabupaten Indramayu diketahui sudah 6 bulan tidak menerima honor.

Total dari Desember 2020 sampai dengan Mei 2021, ada sebanyak 92 pemakaman yang mereka kerjakan dan belum dibayar sampai dengan sekarang.

"Tapi kalau di bulan Desember 2020, sisa yang belum dibayar itu ada 4 pemakaman, terus sampai dengan sekarang belum ada kejelasan," ujar salah seorang tim pemulasaraan jenazah Covid-19 berinisial R kepada Tribuncirebon.com saat ditemui di RSUD Indramayu, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: 6 Bulan Honor Tim Pemulasaraan Jenazah Covid-19 di Indramayu Tak Dibayar, Jubir Satgas Membenarkan

Tim pemulasaraan jenazah Covid-19 Kabupaten Indramayu saat menjalani tugas memakamkan jenazah
Tim pemulasaraan jenazah Covid-19 Kabupaten Indramayu saat menjalani tugas memakamkan jenazah (Istimewa)

R mengakui, dampak dari belum dibayarkan honor mereka sangat dirasakan. Ia pribadi bahkan sampai harus berhutang demi mencukupi kebutuhan keluarga.

"Paling besar hutang Rp 500 ribu, gak berani lebih takut gak bisa bayar. Tapi kalau sampai jual-jual barang enggak, mau jual apa lagian," ujar dia.

R mengatakan, disaat tidak ada tugas pemulasaraan jenazah, ia diketahui selalu menawarkan kemampuannya memasak jika ada kenalan yang menggelar hajatan.

Selain itu, di rumah, R juga mencoba membuka warung kecil-kecilan, pekerjaan apapun dilakukan demi memenuhi kebutuhan keluarga.

R yang diketahui juga merupakan relawan taruna siaga bencana (Tagana) turut terbantu bilamana ada penugasan kebencanaan dan lain sebagainya.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved