Breaking News:

Momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini yang Dilakukan Bupati & Forkompimda di Waduk Darma Kuningan

tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia di tahun 2021 ini adalah Environment Restoration atau Restorasi Lingkungan.

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
Bupati Kuningan dan Forkopimda memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di kawasan Waduk Darma Kuningan, Sabtu (5/6/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGANHari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 dijadikan Bupati bareng Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kuningan momentum untuk  penanaman pohon, pelepasan burung serta penebaran benih ikan dan pemberian penghargaan di Objek Wisata Waduk Darma, Sabtu (5/6/2021).

Bupati Kuningan H Acep menjelaskan, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia di tahun 2021 ini adalah Environment Restoration atau Restorasi Lingkungan.

"Restorasi lingkungan adalah upaya mengembalikan ekosistem ke kondisi awal mula, yang mencakup usaha pencegahan dan mengatasi berbagai kerusakan alam yang disebabkan oleh tangan-tangan manusia," ujar Bupati Acep.

Melalui kegiatan ini, Bupati berharap, adanya peningkatkan kesadaran dan penyelamatan lingkungan dalam menghadapi dan mengatasi tantangan lingkungan hidup yang dihadapi dunia hingga saat ini.

"Untuk Kuningan sendiri kami mengingatkan agar kegiatan atau program kepedulian terhadap lingkungan untuk terus ditingkatkan dan diberdayakan, sebagai kabupaten konservasi," ungkapnya.

Baca juga: 40 Warga Kecamatan Subang Kuningan Terkonfirmasi Positif Covid-19, Hasil Tes Swab Belum Keluar

Baca juga: Aktivis Lingkungan Jabar Hejo, Ancam Pidanakan Oknum Pembuang Limbah Medis di TPSA Kuningan

Baca juga: 150 Bibit Pohon Ditanam di Lokasi Bekas Longsor, Baznas Majalengka Peduli Lingkungan Lewat BTB 

Terlebih dalam kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar itu telah menjadi program dalam lingkungan masyarakat, seperti Pepeling (Pengantin Peduli Lingkungan, Seruling (Siswa Baru Peduli Lingkungan), APel (Aparatur Peduli Lingkungan).

"Dari kegiatan kepedulian itu jelas memiliki regulasi yang di atur dalam Peraturan Daerah Kuningan Nomor 10 Tahun 2009 tentang Pelestarian Satwa Burung dan Ikan, dan lainnya," ujarnya.

Sebelumnya diketahui dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, usai dilakukan kegiatan secara rutin, di antaranya uji emisi kendaraan di sekitar Taman kota Alun - alun Kuningan.

"Untuk uji emisi, tentu kamu sangat berterima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup yang telah melaksanakan kegiatan melalui kerjasama dengan Dishub , Polres  dan Forum Anak Sadar Hukum dan HAM. Dalam waktu sekitar 1 jam uji emisi kendaraan roda empat 1.800 dan roda dua sebanyak 1.500 kendaraan,” katanya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved