Breaking News:

Limbah Medis Dibuang ke TPS

Aktivis Lingkungan Jabar Hejo, Ancam Pidanakan Oknum Pembuang Limbah Medis di TPSA Kuningan

Aktivis Lingkungan yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat Jabar Hejo Kuningan mengancam pidanakan pembuang limbah medis di TPSA Desa Ciniru

Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
limbah medis ditemukan di tumpukan sampah yang ada di TPSA Ciniru, Desa Ciniru, Kecamatan Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat, Selasa (27/4/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Aktivis Lingkungan yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat Jabar Hejo di Kuningan mengancam pidanakan pembuang limbah medis di TPSA Desa Ciniru, Kecamatan Jalaksana, Kuningan Jawa Barat,  Selasa (27/04/2021).

Ketua Gema Jabar Hejo Kabupaten Kuningan, Daeng Ali mengaku geram atas temuan limbah yang dikategorikan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) bisa bebas berada di tempat sampah umum tersebut.

"Ini perbuatan yang tidak bisa ditolelir. Di tengah pemerintah sibuk menggelorakan pemilahan sampah ternyata malah kondisi di TPSA sangat mengkhawatirkan. Kemudian soal pembuangan limbah medis di TPSA umum ini meruapkan suatu perbuatan melawan hukum dan terancam pidana," ujarnya.

Menurutnya aturan pembuangan dan pengelolaan limbah medis sudah jelas dan wajib ditaati. Pasalnya, pengelola penghasil limbah medis wajib menyediakan fasilitas pemilahan dan pengelolaan sampah medis yang terpisah dari sampah umum/rumah tangga.

Baca juga: Wadah Plastik Bekas Infusan, Sarung Tangan Karet, & Bungkus Obat Mendominasi di TPSA Ciniru Kuningan

Baca juga: Bupati Kuningan Sebut Tindakan Kriminal dan Pelanggaran Berat, Terkait Limbah Medis di TPSA Ciniru

"Adapun aturan yang mengatur pengelolaan limbah medis ini, ada di PP Nomor 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Selain itu, dalam PP nomor 27 tahun 2020, tentang pengelolaan sampah spesifik," ujarnya.

Sekedar informasi, limbah medis yang berserakan di lingkungan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) di Desa Ciniru, Kecamatan Jalaksana, Kuningan Jawa Barat, ternyata di dominasi wadah plastik bekas infusan, sarung tangan karet dan banyak plastik bekas obat - obatan.

"Ya selain banyak jarum suntik, ada wadah plastik bekas infusan, sarung tangan karet dan plastik bekas obat kaya tablet begini," ungkap Suinah (60) salah seorang pemulung saat ditemui di lokasi TPSA setempat, Selasa (28/4/2021).

Limbah medis tersebut berupa masker, sarung tangan hingga bekas kantong infus. Dari informasi yang didapat limbah medis yang dibuang di TPSA Ciniru itu berasal dari rumah sakit yang ada di Kabupaten Kuningan.

"Setahu saya mah dari rumah sakit di daerah Luragung. Dibuang kesini (TPSA Ciniru)," kata Rohmat (52) penanggung jawab alat berat TPSA Ciniru saat berbincang tadi siang.

Baca juga: Anggota Dewan Ini Marah, Limbah Medis Kembali Dibuang Sembarangan di Kuningan: Tangkap Oknumnya

Baca juga: BREAKING NEWS Limbah Medis Berserakan di TPSA Ciniru Kuningan, Diduga Dibuang Pihak Rumah Sakit

Halaman
1234
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved