Breaking News:

Viral di Media Sosial

Misteri Cahaya yang Ramai Diduga sebagai Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG

Misteri kilatan cahtaya yang banyak disebut sebagai meteor jatuh di atas puncak Gunung Merapi langsung membuat heboh dunia maya.

Editor: dedy herdiana
istimewa
Foto viral yang menunjukkan secarik cahaya terang yang diduga sebagai meteor jatuh di puncak Gunung Merapi. Foto itu viral di media sosial pada Jumat (28/5/2021). 

TRIBUNCIREBON.COM, SLEMAN - Misteri kilatan cahtaya yang banyak disebut sebagai meteor jatuh di atas puncak Gunung Merapi langsung membuat heboh dunia maya.

Kilatan cahaya itu terekam dalam foto yang diambil pemilik akun Instagram @gunarto_song.

Pada akun Instagramnya, @gunarto_song menunjukkan tiga slide foto yang menggambarkan ada kilatan cahaya berwarna hijau kebiruan dari atas puncak Gunung Merapi dan seolah masuk ke dalam kawah.

"Meteor jatuh di puncak Gunung Merapi??, Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta (27 Mei 2021, Jam 23.07 WIB)," tulisnya dalam akun instagramnya yang diunggah sekira 8 jam yang lalu.

Baca juga: Viral Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi, Seperti Ini Penjelasan Pemotret dan Pihak Lapan

Foto viral yang menunjukkan secarik cahaya terang yang diduga sebagai meteor jatuh di puncak Gunung Merapi. Foto itu viral di media sosial pada Jumat (28/5/2021).
Foto viral yang menunjukkan secarik cahaya terang yang diduga sebagai meteor jatuh di puncak Gunung Merapi. Foto itu viral di media sosial pada Jumat (28/5/2021). (istimewa)

Akun resmi Balai Penyelidikan Pengembangan dan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), yang selalu membagikan informasi terkini perihal aktivitas Gunung Merapi, memberikan jawaban.

"Hari ini di media sosial beredar foto yang ditengarai foto benda langit yang sedang jatuh di sekitar Gunung Merapi.

Sehubungan dengan beredarnya berita tersebut, dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV yang berada di Deles (sisi timur Gunung Merapi) sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB," tulis akun @bpptkg.

Baca juga: VIRAL Diduga Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi, CCTV BPPTKG Juga Tangkap Kilatan Cahaya

"Tidak terdapat sinyal yang signifikan dari data kegempaan dan tidak dilaporkan terdengar suara atau terlihat kilatan cahaya dari pos-pos pemantauan Gunung Merapi," tambahnya.

Selanjutnya, dalam caption yang sama dijelaskan bahwa salah satu tugas BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi adalah melakukan mitigasi Gunung Merapi, namun kami tidak memiliki tugas untuk mengamati benda langit sehingga BPPTKG tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam gambar tersebut.

"Aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi yaitu berupa aktivitas erupsi efusif yang ditandai dengan aktivitas pertumbuhan kubah lava, guguran, dan awanpanas guguran. Tingkat aktivitas ditetapkan dalam tingkat “SIAGA”," urainya.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved