Breaking News:

Wisata Kuningan

Libur Waisak, Situ Cicerem Kuningan Dikunjungi Banyak Wisatawan, Lahan Warga Jadi Tempat Parkir

Momen libur Hari Waisak 2021, sejumlah objek wisata di Kuningan tidak sepi dari pelancong yang biasa menikmati objek wisata di Kuningan.

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Kawasan Situ Cicerem Desa Kaduela Kuningan Jawa Barat 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Momen libur Hari Waisak 2021, sejumlah objek wisata di Kuningan tidak sepi dari pelancong yang biasa menikmati objek wisata di Kuningan.

Hal itu seperti terpantau di wisata perairan yang berada di Situ Cicerem di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat.

Saat ditemui di lokasi Dedeh sekaligus salah seorang pengelola, Dedeh  mengatakan, wisatawan yang datang ke Situ Cicerem ini mayoritas merupakan wisatawan lokal dari wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan).

"Pengunjung datang biasanya tak jauh, mereka mayoritas warga Cirebon, Majalengka, Indramayu dan ada juga dari Kuningan sendiri," ungkap Dedeh yang juga Sekretaris BUMDes setempat, Rabu (26/5/2021).

Baca juga: Momen Libur Hari Waisak 2021, Wisata Kolam Renang Jembar Waterpark Majalengka Dipadati Pengunjung

Dia mengatakan, Situ Cicerem ini memang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan manakala hari libur seperti sekarang. Terlebih dengan banyaknya inovasi yang dilakukan manajemen dalam memberikan pelayanan, baik dari penyedia sarana dan prasarana.

"Untuk sarana dan prasarana, saat pengunjung banyak. Otomatis lahan parkir kita atur lahan warga menjadi lokasi parkiran dengan sistem pembayaran tunas sehabis jam operasional. Dalam pembayaran sebagai jasa sewa kepada warga, itu bervariatif. Mulai ada yang mendapat Rp 100 ribu hingga kita bayar sewa Rp 250 ribu," ungkapnya.

Bentuk pembayaran ini, kata Dedeh mengaku sudah mendapat persetujuan dari manajemen dalam mendongkrak potensi ekonomi masyarakat di lingkungan wisata Situ Cicerem atau Talaga Biru.

"Iya, kita menjalankan tugas sebagai Badan Usaha Milik Desa tentu sebaik dan berusaha profesional. Seperti dalam pengerjaan dalam wisata ini, kita libatkan pemuda dan karangtaruna," ujarnya.

Melihat banyak titik atau spot foto, kata Dedeh mengaku belum ada penambahan jumlah spot foto. Seperti ada dua dermaga, dua ayunan diatas Situ Cicerem, serta penambahan wahana permainan air, yakni sebanyak tiga perahu bebek serta dua unit perahu karet.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved