Breaking News:

Ubah Laku

Sekda Kota Bandung: Penutupan Objek Wisata Cegah Terjadinya Ledakan Kasus Covid-19

Kenaikan kasus positif harian di Kota Bandung menjadi salah satu penyebab ditutupnya objek wisata di Kota Bandung

Editor: Machmud Mubarok
TribunJabar.id/Cipta Permana
Sejumlah objek wisata di Kota Bandung ditutup sementara mulai 23 Mei hingga 1 Juni 2021 mendatang. Objek wisata yang ditutup, yaitu Bandung Zoological Garden (Kebon Binatang Bandung) di Jalan Tamansari, Karang Setra Water Land Jalan Sirnagalih, Saung Angklung Udjo Jalan Padasuka, Taman Ade Irma Suryani (Taman Lalu Lintas) Jalan Belitung, Trans Studio Bandung Jalan Gatot Subroto, dan Kiara Artha Park Jalan Kiarancondong. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Kenaikan kasus positif harian di Kota Bandung menjadi salah satu penyebab ditutupnya objek wisata di Kota Bandung sejak 23 Mei sampai 1 Juni 2021. 

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, sejak Senin 10 Mei hingga Minggu 16 Mei 2021, ada sebanyak 391 penambahan kasus baru. Sedangkan pada sepekan terakhir sejak Senin 17 Mei hingga saat ini ada sebanyak 483 penambahan kasus baru.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengaku belum dapat memastikan apakah kenaikan kasus ini semuanya berasal dari wisata atau bukan. 

Namun, pemerintah pusat langsung mengintruksikan agar tempat wisata di Kota Bandung ditutup sementara sebagai langkah antisipasi terjadi lonjakan kasus yang semakin tinggi. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, jika keputusan menutup tempat wisata merupaka hasil analisa, bukan karena intruksi Presiden Joko Widodo semata. 

"Tidak selalu harus seperti itu (intruksi Presiden) kita kan disesuaikan dengan situasi kondisi, dan di Bandung kemarin ada potensi lonjakan, dalam satu hari itu ada lonjakan di atas seratus, kan itu yang menjadi bahan pertimbangan kita," ujar Ema, di Balai Kota, Senin (24/5/2021).

Baca juga: Warga yang Sempat Mudik Diminta Segera Rapid Test Antigen, Cegah Penyebaran Covid-19

Baca juga: Langgar Protokol Kesehatan, Ribuan Warga di India Berkerumun Demi Dapat Obat Ajaib untuk Covid-19

Ema mengatakan, meski angka kenaikan hariannya naik, bed occupancy rate (BOR) atau ketersediaan tempat tidur relatif terkendali. 

"BOR kita masih di bawah 60 persen, di Bandung sebetulnya masih dalam kondisi terkendali positivity rate kita juga di bawah 10 juga, walaupun belum ideal di bawah lima," katanya. 

Ema pun mengapresiasi para pengelola wisata yang menerima keputusan Pemerintah menutup sementara objek wisata. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved