Breaking News:

Para Pekerja Pabrik Perempuan di Indramayu Dipasangi Alat Kontrasepsi KB Gratis

Walau baru dilakukan sekarang, ia menilai tidak mengurangi nilai dan makna peringatan tersebut, terlebih untuk mengangkat harkat dan martaba. . .

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Para pekerja perempuan di PT Java Seafood di Kecamatan Kandanghaur saat mendapat pelayanan kontrasepsi, Selasa (4/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman 

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Para pekerja pabrik perempuan di Kabupaten Indramayu dipasangi alat kontrasepsi KB secara gratis.

//

Seperti yang dilakukan di PT Java Seafood di Kecamatan Kandanghaur, Selasa (4/5/2021).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuam dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Indramayu, Trinani Rochaeningsih mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kartina dan Hari Buruh Internasional.

Walau baru dilakukan sekarang, ia menilai tidak mengurangi nilai dan makna peringatan tersebut, terlebih untuk mengangkat harkat dan martabat para perempuan dan pekerja.

Baca juga: Siap-siap Pemkab Indramayu Siapkan Rumah Angker untuk Karantina Pemudik yang Nekat Pulang Kampung

Terlebih, pemasangan alat kontrasepsi kepada akseptor atau PUS (Pasangan Usia Subur) dari kalangan pekerja perempuan di pabrik merupakan hal yang baru dan baru kali ini dilakukan.

"Selama ini pelayanan akseptor KB berbasis desa/kelurahan. Namun dengan adanya akseptor KB berbasis pabrik ini sangat bagus apalagi mayoritas pekerjanya kaum perempuan," ujar dia.

Trinani Rochaeningsih mengatakan, dengan adanya pelayanan kontrasepsi kepada pekerja perempuan ini sekaligus upaya melindungi mereka, apalagi dengan kesibukannya sebagai pekerja pabrik.

"Jika ada pabrik atau perusahaan yang mau melaksanakan pemasangan alat kontrasepsi bagi para pekerjanya, kami sangat siap dan kami siap datang ke lokasi," ucapnya.

Sementara itu, Kabid Perindustrian Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kabupaten Indramayu, Komaryadi menambahkan, kegiatan ini dilakukan secara serentak di Jawa Barat di berbagai pabrik di kabupaten/kota. 

Ia juga mengapresiasi dengan adanya perhatian lebih yang diberikan kepada para pekerja perempuan.

"Para pekerja perempuan mendapatkan perhatian dan apresiasi sangat luar biasa dengan kegiatan ini," ujar dia.

Salah seorang pekerja, Tirih mengatakan, sangat terbantu karena dirinya tak memiliki waktu untuk melakukan suntik KB di bidan.

"Bulan ini saya saatnya suntik KB lagi, Alhamdulillah di pabrik ada suntik gratis," ujar dia.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved