Breaking News:

Info Kesehatan

Daun Perilla Ternyata Bisa Cegah Kanker Hingga Obati Autoimun Penyakit yang Diderita Ashanty

Tak hanya cantik sebagai hiasan, Daun Perilla punya ternyata manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan cara yang tepat. Apa saja?

Shutterstock via Hello Sehat
Daun Perilla 

TRIBUNCIREBON.COM- Daun Perilla yang dikenal sebagai bahan makanan ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Pecinta kuline pasti sudah tahu bahwa Daun Perilla sering digunakan sebagai garnish (hiasan) sushi, atau diolah dalam makanan Korea seperti kimchi.

Tak hanya cantik sebagai hiasan, Daun Perilla punya ternyata manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan cara yang tepat. Apa saja?

Dilansir Tribuncirebon.com dari Hellosehat, berikut manfaat Daun Perilla bagi kesehatan:

Baca juga: Daun Sambung Nyawa Alias Daun Dewa Bisa Obati Kanker Hingga Diabetes, Ini Cara Benar Mengonsumsinya

Perilla merupakan daun yang sering dijadikan sebagai bahan dalam ramuan obat.

Selain itu, Daun Perilla juga bermanfaat sebagai campuran untuk menyedapkan rasa masakan. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman basil dari Tiongkok.

Daun perilla punya kandungan nutrisi yang menyehatkan. Dalam 100 gram daun perilla terdapat 37 kalori, 1 gram lemak, 7 gram karbohidrat, 7 gram serat, vitamin C, dan mineral kalsium.

Manfaat daun perilla untuk kesehatan
1. Meredakan reaksi alergi
Daun perilla mengandung senyawa aktif bernama asam rosmarinat. Menurut dr. Steven Bratman, penulis buku Collins Alternative Health Guide, asam rosmarinat bersifat antiradang yang dapat mengurangi gejala alergi.

Daun Perilla bisa membantu meredakan beberapa kondisi alergi seperti alergi kronis, alergi musiman, reaksi alergi akibat makanan (ikan dan kacang tanah), dan alergi sengatan lebah.

Sebuah penelitian dari jurnal Experimental Biology and Medicine pada tahun 2011 menemukan manfaat ekstrak Daun Perilla berpotensi mengurangi gejala alergi seperti pilek serta mata merah dan berair. Namun, pengujian studi ini masih terbatas pada tikus.

2. Mencegah dan menghambat perkembangan kanker
Menurut sebuah penelitian tahun 2012 terbitan International Journal of Nanomedicine, zat perillyl alcohol dalam daun perilla bermanfaat untuk pengobatan kanker.

Halaman
1234
Penulis: Mutiara Suci Erlanti
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved