Breaking News:

Kroya Bakal Disiapkan Jadi Ibu Kota Kabupaten Indramayu Barat, Ini Potensi Keunggulan yang Dimiliki

Kabupaten Indramayu Barat resmi menjadi Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru

Istimewa
Panitia pembentukan Kabupaten Indramayu Barat saat menghadiri penandatangan persetujuan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) oleh pemerintah provinsi Jawa Barat dan DPRD Jabar, Senin (19/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Kabupaten Indramayu Barat resmi menjadi Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) setelah dilakukannya penanda tanganan persetujuan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat dan DPRD Jabar.

Calon daerah Kabupaten Indramayu Barat ini nantinya akan memiliki luas 933 kilometer persegi, terdiri dari 10 kecamatan dan 95 desa.

Jumlah penduduknya ada sebanyak 676 ribu jiwa, yakni meliputi Kecamatan Kroya, Haurgeulis, Gantar, Gabuswetan, Terisi, Kandanghaur, Bongas, Anjatan, Sukra, dan Kecamatan Patrol.

Baca juga: Kecamatan Losarang dan Cikedung Tak Masuk Wilayah Kabupaten Indramayu Barat, Ternyata Ini Alasannya

Adapun untuk wilayah ibu kota Kabupaten Indramayu Barat, disiapkan di Kecamatan Kroya. Tepatnya di Blok Harendong, Desa Sukaslamet.

Di sana sudah disiapkan lahan seluas 300 hektare untuk pusat pemerintahan.

Ketua Panitia Pembentukan Kabupaten Indramayu Barat (PPKIB), Sukamto mengatakan, disiapkannya Kecamatan Kroya sebagai pusat pemerintahan ini berdasarkan kajian yang dilakukan tim Lembaga Penelitan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unpad Bandung.

"Dari 10 kecamatan itu, rangking pertamanya adalah Kecamatan Kroya," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Senin (19/4/2021).

Sukamto menjelaskan, ada beberapa item yang menjadi penilaian.

Meliputi kondisi geografis, kesesuaian dengan rencana tata ruang, ketersediaan lahan, kondisi sosial budaya dan sejarah, kondisi politik dan keamanan, serta aksesibilitas layanan.

Baca juga: Kabupaten Indramayu Barat Disetujui DPRD Jabar, Ridwan Kamil: Insya Allah Lancar di DPR RI dan DPD

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved