Breaking News:

Jelang Ramadan, Ridwan Kamil Menangis saat Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid di Palestina

Jelang Ramadan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Syeikh Ajlin di Palestina secara virtual

Istimewa
Jelang Ramadan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Syeikh Ajlin secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (7/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Jelang Ramadan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Syeikh Ajlin secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (7/4/2021).

Acara pembangunan masjid di Palestina tersebut diselimuti suasana haru.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, pun meneteskan air mata saat memberikan sambutan.

Masyarakat Gaza, Palestina, menyambut peletakan batu pertama pembangunan Masjid Syeikh Ajlin dengan sukacita. Harapan beribadah di tempat nyaman akan segera terwujud.

Baca juga: Ridwan Kamil Bergetar Menahan Haru Masjid Syaikh Ajlin di Palestina Kembali Dibangun, Ini Alasannya

Masjid Syaikh 'Ajlin di Gaza, Palestina setelah dihancurkan Israel pada 2014 lalu, menyisakan puing-puing.
Masjid Syaikh 'Ajlin di Gaza, Palestina setelah dihancurkan Israel pada 2014 lalu, menyisakan puing-puing. (Istimewa)

Direktur Aman Palestin Indonesia Ustaz Miftahuddin Kamil menuturkan, pembangunan Masjid Syeikh Ajlin sudah direncanakan dan disiapkan bertahun-tahun karena kerap menemui jalan berliku.

Oleh karena itu, kata Miftahuddin, saat masjid yang hancur pada 2014 akan mulai dibangun kembali, masyarakat Gaza bersukacita dan berbahagia.

"Persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari yang menunjukkan kebahagiaan, kegembiraan, yang tidak terhingga bagi penduduk Palestina.Ini merupakan kebahagiaan kita semua. Mereka (penduduk Palestina) akan selalu memiliki saudara yang peduli dengan mereka," kata Miftahuddin.

Masjid Syeikh Ajlin menjadi salah satu dari 72 masjid yang hancur lebur pada 2014 akibat serangan Israel. Sejak itu, masyarakat di sekitar Masjid Syeikh Ajlin beribadah di bawah tenda dan beralaskan puing-puing reruntuhan.

Pemerintah Provinsi Jabar bersama Aman Palestin Indonesia, Bank Syariah Indonesia, Wakaf Salman ITB, dan banyak pihak lainnya, berkolaborasi untuk mendirikan kembali Masjid Syeikh Ajlin.

Arsitektur Masjid Syeikh Ajlin dirancang langsung oleh Kang Emil.

Miftahuddin pun berharap kolaborasi tersebut terus tercipta sehingga cita-cita bangsa Indonesia untuk mendirikan masjid-masjid di Gaza dapat terwujud.

"Pembangunan Masjid Syeikh Ajlin direncanakan akan rampung dalam 14 bulan. Saya berharap masyarakat Indonesia, khususnya Jabar, ikut berkontribusi untuk merampungkan pembangunan," tuturnya.

Perwakilan Kementerian Wakaf dan Agama Palestina, Abdul Hadi Saeed Al-Agha, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jabar dan bangsa Indonesia atas pembangunan Masjid Syeikh Ajlin.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur Jabar dan bangsa Indonesia. Semoga ini menjadi berkah bagi semua pihak," ucapnya.

Baca juga: Jelang Ramadan, Disparbud Majalengka Siapkan Bus Motekar Untuk Ngabuburit Warga

Baca juga: Rel Kereta Cepat KCIC Bandung-Jakarta Segera Dipasang, Panjang Per Batangnya Capai 50 Meter

Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved