Breaking News:

Budidaya Ikan Cupang Mulai Menjamur di Kuningan, Selama Pandemi Covid-19 Omzet Meningkat

Mengenai keuntungan dari hasil penjualan ikan cupang, kata Ibnu, dalam sebulan ini rata - rata pendapatan sebesar Rp 5 juta.

Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Ikan cupang Gallery Permai Ikan di Desa Caracas Kecamatan Cilimus Kuningan Jawa Barat 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBIN.COM, KUNINGAN - Ikan hias ternyata banyak digemari warga di Kuningan.

Hal itu membuat tidak sedikit daerah yang memiliki sejumlah mata air langsung dari pegunungan populer dengan merebak pembudidaya ikan hias jenis cupang.

Seperti saat ditemui di Gallery Permai, milik Ibnu di Desa Caracas, Kecamatan Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, ini mengemukan bahwa usaha budidaya ikan cupang sudah berjalan sekitar tiga tahunan.

Usaha budidaya ikan ini berjalan dari kesukaannya alias hobi ikan hias dengan ukuran mini, yang kemudian mendorong untuk dijadikan usaha.

Baca juga: Sarah Menzel Bertemu Krisdayanti, Sikap Pacar Azriel Hermansyah ke Mimi KD Menjadi Sorotan

"Sudah jalan mau empat tahun saya fokus budidaya ikan cupang dengan aneka jenis dan ukuran," ungkap Ibnu disela kegiatannya merawat ikan cupang tersebut, Minggu (14/3/2021).

Ibnu yang belum setahun menikah terlihat makin semangat melakukan bisnis ikan hias ukuran mini tersebut. Usaha budidaya ikan semua dilakukan secara mandiri dan otodidak alias belajar sendiri.

"Kemudian cara belajar hingga bisa merasakan keuntungan hingga saat ini, semua lihat dari sosial media dan channel YouTube tentang ikan cupang," ungkap Ibnu lagi.

Mengenai keuntungan dari hasil penjualan ikan cupang, kata Ibnu, dalam sebulan ini rata - rata pendapatan sebesar Rp 5 juta.

Dan semua kegiatan jual beli itu dilakukan tidak bertatap muka alias online, juga untuk kebutuhan dalam transaksi itu menggunakan jasa pengantar atau ekspedisi.

Baca juga: UPDATE Harga HP Vivo Terbaru Maret 2021: Mulai dari Vivo Y12s, Y30, V19, V20 SE hingga X50 Pro

Baca juga: Subsidi Gaji Rp 1,2 Juta Akan Cair Maret 2021, Anda Termasuk Penerima BLT Karyawan? Ini Cara Ceknya

Halaman
12
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved