Breaking News:

Anies Baswedan Bilang Banjir Kemang Kiriman dari Depok, Plh Wali Kota:Di Mana-mana Air dari Atas

Plh Wali Kota Depok Sri Utomo menanggapi pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai kiriman air dari Depok

Editor: Machmud Mubarok
Kompas.com
Banjir jakarta menggenangi perkantoran di daerah Kemang Jakarta. 

TRIBUNCIREBON.COM - Plh Wali Kota Depok Sri Utomo menanggapi pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai kiriman air dari Depok sebagai salah satu sebab wilayah Kemang dan Sudirman, Jakarta Selatan, kebanjiran pada Sabtu (20/2/2021).

Sri menganggap wajar jika banjir pada kenyataannya memang akibat kiriman air dari wilayahnya.

"Terkait statement itu, ya, wajar, karena memang air itu qadarullah selalu dari atas ke bawah, dari Puncak, Bogor, Depok, dan semuanya akan turun ke Jakarta, dan itu terjadi," jelas Sri ketika dihubungi pada Senin (22/2/2021).

Baca juga: Fakta Sebenarnya Surat Wasiat Ashanty Andai Meninggal Dunia, Istri Anang Dirawat Karena Covid-19

Baca juga: Tamu Resepsi Pernikahan Heboh, Mempelai Wanita Tiba-tiba Naik Panggung Main Drum dan Bernyanyi

Baca juga: Menghampiri Mobil Rudy Gunawan Sambil Nangis, Istri PNS Laporkan Suami Selingkuh ke Bupati Garut

Ia melanjutkan, Jakarta memang akan selalu kedatangan limpahan air dari hulu karena ketinggian daratannya paling rendah.

"Ya kan kita tahu, kata Pak Anies enam jam kemungkinan dari Bogor sampai ke Jakarta. Ya, memang dari atas turun terus ke Cibinong, terus turun ke Depok, turun ke Condet, dan masuk ke Jakarta. Artinya ya memang seperti itu air turun dari atas ke bawah," ungkapnya.

"Ya memang kondisi topografi DKI Jakarta itu posisinya ada di bawah, memang risikonya itu," lanjut Sri.

Oleh karena itu, menurutnya, hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah ialah mempercepat penanganan banjir yang hampir pasti terjadi pada puncak musim hujan seperti sekarang.

"Nah, inilah yang memang menjadi catatan bagi kita semua. Artinya, memang kalau air sudah kelebihan di Depok atau Bogor, larinya ke wilayah yang rendah yaitu ke Sungai Krukut," kata Sri.

"Kita bersama memang harus, saat cuaca ekstrem gini, siap-siap menjaga, bagaimana caranya umpamanya kalau air kelebihan banyak, ya cepat menyurutkan saja," tutupnya.

Sebelumnya, Anies sempat mengemukakan bahwa banjir di Jakarta sebagai dampak kiriman dari Depok, saat menjelaskan kawasan yang tergenang di sekitar Kali Krukut.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved