Breaking News:

Tak Sembarangan Sebelum GeNose Test Penumpang Tak Boleh Makan dan Minum 30 Menit Sebelum Test

penumpang yang akan menjalani GeNose test juga diimbau tidak makan, minum kecuali air putih, dan merokok minimal 30 menit sebelum pemeriksaan.

Ahmad Imam Baehaqi - Tribincirebon.com
Penumpang saat menjalani GeNose test di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Selasa (16/2/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - PT KAI Daop 3 Cirebon menyediakan layanan pemeriksaan GeNose test di Stasiun Cirebon sejak Senin (15/2/2021).

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, mengatakan, layanan itu dapat digunakan penumpang yang akan naik kereta api jarak jauh.

Pasalnya, mulai 9 Februari 2021 penumpang kereta api jarak jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose test atau rapid test antigen maksimal 3 × 24 jam sebelum jam keberangkatan.

"Syarat untuk mengikuti GeNose test ini harus menunjukkan kode booking tiket kereta api," ujar Suprapto saat ditemui di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Selasa (16/2/2021).

Seorang calon penumpang kereta api di Stasiun Bandung melakukan tes GeNose menjelang keberangkatan, Senin (15/2/2021).
Seorang calon penumpang kereta api di Stasiun Bandung melakukan tes GeNose menjelang keberangkatan, Senin (15/2/2021). (Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman)

Ia mengatakan, penumpang yang akan menjalani GeNose test juga diimbau tidak makan, minum kecuali air putih, dan merokok minimal 30 menit sebelum pemeriksaan.

Pasalnya, hal tersebut dikhawatirkan memengaruhi pemeriksaan mengingat peralatan yang digunakan sangat sensitif sehingga hasilnya tidak akurat.

Jika ada penumpang yang baru selesai makan, minum, dan merokok maka akan diminta menunggu hingga 30 menit di tempat yang telah disediakan.

"Penumpang diharuskan mengantre dan mendaftar secara tertib, nanti diberikan kantong GeNose test setelah pembayaran," kata Suprapto.

Pihaknya berharap, seluruh calon penumpang yang hendak meggunakan layanan pemeriksaan GeNose test memahami syarat-syarat yang ditentukan.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved