Breaking News:

Tiga Wilayah di Majalengka Ini Terancam Pergerakan Tanah Sehingga Harus Direlokasi

Bencana itu sangat mengancam jiwa para warga jika terus memaksakan tinggal di lokasi tersebut.

TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Blok Tarikolot, Desa Sidamukti, Kecamatan/Kabupaten Majalengka yang sudah ditinggal oleh para pemilik rumahnya. Kini kesan kumuh dan angker menghinggapi Kampung yang terdapat 30 rumah itu. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Selain Blok Tarikolot, Desa Sidamukti, Kecamatan/Kabupaten Majalengka, ada tiga wilayah lainnya yang harus dikosongkan akibat adanya bencana alam.

Bencana itu sangat mengancam jiwa para warga jika terus memaksakan tinggal di lokasi tersebut.

Manajer Pusdalops BPBD Kabupaten Majalengka, Indrayanto mengatakan, hal serupa juga terjadi di Desa Mekarmulya, Kecamatan Lemahsugih.

Disampaikan dia, ada 21 rumah yang harus dikosongkan akibat pergerakan tanah.

Kemudian, di Dusun Cigintung, Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma juga terdapat 21 rumah yang rusak dan harus dikosongkan.

Baca juga: Kisah ‘Kampung Mati’ yang Viral di Majalengka Hanya Tinggal 8 Kepala Keluarga Saja yang Menetap

Baca juga: Istri Dibakar Suami Hidup-hidup hingga Tewas, Bela Anaknya Sang Ayah Usir Warga dengan Parang

"Di Mekarmuluya Lemahsugih ada 21 rumah, di Cimuncang Malausma juga 21 rumah yang harus dikosongkan dan warganya harus direlokasi," ujar Indrayanto kepada Tribuncirebon.com, Selasa (2/2/2021).

Selain itu, kata dia, ada 13 rumah warga yang berada di bantaran Sungai Cijurai Kelurahan Munjul yang terkena abrasi dan harus direlokasi.

Saat ini, menurutnya, Pemkab Majalengka tengah berupaya mencari lahan untuk dibangun pemukiman baru sebagai tempat relokasi bagi warga di tiga wilayah tersebut.

"Mau di relokasi baru pengadaan tanah, sudah mengusulkan ke BNPB untuk ditangani. Maksimal tahun ini harus selesai ditangani. Tapi kalau lewat nanti diserahkan ke Pemda ditangani lintas sektoral," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved