Breaking News:

VIDEO - Polda Jabar Akan Prioritaskan Sejumlah Titik Jelang Pengamanan Nataru 2021, Ini Daftarnya

pihaknya menginstruksikan kepada para pengelola rest area untuk menampung para pengemudi sebanyak 50 persen dari kapasitas maksimalnya.

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Polda Jawa Barat akan memprioritaskan sejumlah titik menjelang pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan di wilayahnya ada sejumlah titik yang menjadi prioritasnya untuk mengamankan para pengendara dalam merayakan libur akhir pekan.

Dibantu oleh kepolisian resor daerah masing-masing, sejumlah titik tersebut di antaranya di tiga titik tol, jalur arteri dan jalur kawasan wisata.

Baca juga: Tagihan Listrik Tiba-tiba Membengkak? Pasti Anda Sering Banget Melakukan Hal Ini Tanpa Sadar

Baca juga: Harga HP Xiaomi Akhir Desember 2020: Ada Redmi 9C, Poco X3 NFC, Redmi Note 9 Pro Hingga Mi 10

Baca juga: Harga HP Samsung Akhir Desember 2020: Galaxy A01 Core, A31, A80, Z Flip, S20 FE hingga M51

"Ya jelang Natal dan tahun baru, ini juga sebagai bagian pengecekan kami, bahwa ada tiga jalur pengamanan, yang pertama jalur tol, kita punya Tol Cipali, Cipularang dan Jagorawi. Dan kita juga punya jalur arteri, yaitu jalur Pantura dan selatan. Kemudian kita juga punya kawasan wisata, yakni Lembang dan puncak," ujar Ahmad saat mengunjungi Polres Majalengka, Sabtu (19/12/2020).

Yang kedua, lanjut Kapolda Jabar, yang penting juga terkait protokol kesehatan.

Khususnya penerapan protokol kesehatan di jalur tol, yakni rest area.

Dimana, jelas dia, di Jawa Barat secara keseluruhan, memiliki 26 rest area untuk para pengemudi yang melewati jalur tol.

"Nah ini ditengarai, jika tidak diantisipasi bisa menjadi klaster terkait dengan banyaknya kerumunan orang di situ. Sehingga, sekaligus tadi saya mengecek beberapa protap rest area di KM 57 dan 102, saya kira di sana persiapannya cukup bagus, petugasnya, area parkir termasuk para penjual makanannya sudah disiapkan sedemikian rupa," ucapnya.

Sehingga, pihaknya menginstruksikan kepada para pengelola rest area untuk menampung para pengemudi sebanyak 50 persen dari kapasitas maksimalnya.

Selain itu, ada jaga jarak dan tempat cuci tangan di setiap sudutnya.

"Inilah mudah-mudahan nanti, kesiapan-kesiapan itu, lalu yang akan dilalui oleh para pengemudi tadi bisa disiapkan secara baik. Yang kita jaga juga terkait kesehatan yang tadi disampaikan prokes tadi," jelas dia.

Lebih jauh Kapolda menyampaikan, nantinya pihaknya akan menerjunkan sebanyak 18 ribu personel.

Jika digabungkan dengan petugas gabungan lainnya dari TNI, Satpol PP, Dishub dan lain-lain mencapai 23 ribu personel.

Sementara, selain mengecek kesiapan menjelang Natal dan Tahun Baru 2021 di wilayah Majalengka, kedatangan Kapolda Jabar dalam rangka meresmikan Rusus tipe 36 dan Pembangunan Kolam Ketahanan Pangan Polres Majalengka “Sarja Arya Racana”. (*)

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved