Breaking News:

Begini Pernyataan Lengkap Mahfud MD Soal Penjemputan Habib Rizieq, Kini Disinggung oleh Ridwan Kamil

Ridwan Kamil menyebut Menko Polhukam, Mahfud MD juga harus ikut bertanggung jawab terkait kerumunan massa penjemputan Rizieq Shihab

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Istimewa
Mahfud MD 

TRIBUNCIREBON.COM-Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut Menko Polhukam, Mahfud MD juga harus ikut bertanggung jawab terkait kerumunan massa di Bandara saat penjemputan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil itu, semua kekisruhan berlarut-larut dimulai sejak adanya pernyataan dari Mahfud MD.

Emil menilai, pernyataan yang disampaikan Mahfud MD terkait penjemputan HRS di Bandara boleh dilakukan asal tertib menjadi pemicu terjadinya kerumunan yang tidak terkendali di Bandara.

Baca juga: Penjual Kopi Cantik Mirip Anya Geraldine Bicara Jodoh, Intan: Yang Genit Banyak, Serius Belum Ada

Baca juga: Mahfud MD Cuit tentang Mimpi dan Mengutip Gus Dur, Katanya Demokrasi, Kok Bermimpi Saja Dilarang

Baca juga: Presiden Jokowi Tegaskan Dirinya Akan Menjadi Orang Pertama yang Disuntik Vaksin Covid-19

"Di situlah menjadi tafsir dari ribuan orang yang datang ke bandara 'selama tertib dan damai boleh', sehingga terjadi kerumunan yang luar biasa."

"Nah, sehingga ada tafsir ini seolah-lah diskresi dari Pak Mahfud kepada PSBB di Jakarta, di Jabar dan lain sebagainya," kata Ridwan Kamil sesuai memberikan keterangan terkait kerumunan di Megamendung, di Polda Jabar, Rabu (16/12/2020).

Dilansir TribunJabar.id dari laman Kompas.com, Mahfud MD memang pernah memberikan keterangan mengenai kepulangan Habib Rizieq.

Ketika itu, dia mengatakan, pemerintah tak pernah menghalangi kepulangan Habib Rizieq dari Arab Saudi.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Kantor Bakamla RI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (30/12/2019).
Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Kantor Bakamla RI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (30/12/2019). (KOMPAS.com/Haryantipuspasari)

"Yang penting jangan membuat kerusuhan karena Habib Rizieq itu mau pulang dengan revolusi akhlak," katanya, dikutip Kompas.com dari tayangan di kanal YouTube Kemenko Polhukam RI, Kamis (5/11/2020).

Kemudian, Mahfud MD juga mengimbau supaya massa tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dia mengatakan, nantinya ada pengamanan reguler ketika Rizieq pulang ke Tanah Air.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved