Breaking News:

Anggota Polisi Dipecat Gara-gara Terlibat Kasus Narkoba, Baju Seragamnya Diganti Batik

Upacara pemecatan ditandai dengan dicopotnya baju seragam juga tanda kepangkatan oknum polisi tersebut. Ia pun lantas dipakaikan baju batik.

Kompas.com
Ilustrasi polisi 

TRIBUNCIREBON.COM- Kepolisian Resort Ogan Komering Ilir melakukan Pemberhentikan Dengan Tidak Hormat (PTDH) terhadap seorang anggota yang dinilai telah melanggar kode etik kepolisian.

Dia adalah Brigadir Aliluddin Damanik yang diberhentikan setelah dijatuhi hukuman oleh Pengadilan Negeri Kayuagung per 13 Februari 2019 atas keterlibatan sebagai pemakai narkoba.

Upacara pemecatan ditandai dengan dicopotnya baju seragam juga tanda kepangkatan Aliluddin. Ia pun lantas dipakaikan baju batik.

Baca juga: Tak Sudi Lihat Habib Rizieq Dipenjara, Pendukung HRS di Garut Minta Dijebloskan Juga ke Penjara

Dalam upacara pemberhentian, Kapolres OKI, AKBP Alamsyah Palupessy menyampaikan bahwa Aliluddin telah berulang kali membuat pelanggaran dan tak bisa dibina lagi.

"Dia ini sudah bertugas kurang lebih 20 tahun. Selain sudah ditetapkan sebagai tersangka, yang bersangkutan juga melakukan disersi tidak masuk bekerja selama beberapa tahun," ujarnya saat berada di Mapolres OKI, Senin (14/12/2020).

Dikatakan lebih lanjut, pencopotan anggota tersebut secara serentak dilakukan di seluruh jajaran kepolisian wilayah Polda Sumatera Selatan.

Baca juga: Uang Haram Jaksa Pinangki Sirna Malasari Dialirkan ke Mana Saja? Nih Hasil Penelurusannya

"Hari ini ada 8 anggota dicopot yang tersebar diantaranya Polres OKI 1 orang, Polres Empat Lawang 1 orang, Polres Lubuk Linggau 2 dan Polda Sumsel 5 anggota,"

"Ini merupakan tindakan tegas kita untuk para anggota yang tidak dapat menjalankan tugas dengan baik, kerap berbuat pelanggaran dan termasuk melakukan tindak pidana," ungkapnya.

Disampaikan juga beberapa nasihat yang ditujukan kepada Aliludin, dan diingingatkan bahwa dirinya bukan lagi seorang anggota polisi.

Baca juga: Soal Tawaran Kursi Menteri Sosial yang Kosong, Ini Jawaban Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

"Saya tadi sudah berpesan kepada Aliluddin untuk merubah mindsetnya, karena mulai sekarang dia sudah bukan anggota polisi lagi,"

"Jangan sampai juga berbuat tindakan-tindakan kepolisian, lebih baik mencari pekerjaan lain saja. Karena pekerjaan di luar sana masih banyak," tutur Kapolres.

Ia pun berpesan bagi seluruh personel yang tersebar di 18 Mapolsek OKI. Agar PTDH ini dijadikan contoh dan jangan sesekali melakukan pelanggaran.

"Selama 2020 ini ada 4 anggota yang dicopot dan seluruhnya bertugas di Mapolsek, jadi walaupun jarak Polsek dan Polres OKI cukup jauh. Tetapi propam kita jeli dalam melihat anggota yang nakal dan tidak taat aturan,"

"Jika ditemukan anggota yang melanggar, maka yang bersangkutan akan segera ditarik ke Polres untuk diberikan wejangan khusus," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Baju Seragam Aliluddin Diganti Batik, Anggota Polres OKI Terlibat Narkoba Dipecat, Kerja 20 Tahun

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved