Breaking News:

VIDEO - Unwir Indramayu Perangi Narkoba, Bentuk Satgas P4GN untuk Cegah Peredaran di Kampus

Pembentukan Satgas P4GN ini sebagai wujud nyata civitas akademik dalam memerangi peredaran gelap narkotika, minimalnya di lingkungan kampus.

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Kampus Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu membentuk Satgas P4GN (Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba).

Pembentukan Satgas P4GN ini sebagai wujud nyata civitas akademik dalam memerangi peredaran gelap narkotika, minimalnya di lingkungan kampus.

Rektor Unwir Indramayu, Ujang Suratno mengatakan, tujuan pembentukan Satgas tersebut antara lain guna menciptakan lingkungan kampus Unwir bersinar atau kampus bersih dari narkoba.

"Demi mewujudkan itu kita melakukan sinergitas dengan bekerja sama dengan BNN di wilayah dan kepolisian, termasuk pemerintahan daerah," ujar dia kepada Tribuncirebon.com seusai kegiatan Webinar Pembentukan dan Penguatan P4GN dalam Mewujudkan Kampus Bersinar di Kampus Unwir Indramayu, Rabu (2/12/2020).

Melalui Satgas tersebut, para relawan akan dikerahkan untuk melakukan pencegahan peredaran gelap narkotika dengan cara sosialisasi.

Nantinya mereka akan mengedukasi soal bahaya narkotika, jenis-jenis narkotika, termasuk motif-motif yang biasa digunakan oleh pera pelaku dalam mengedarkan narkotika, dan lain sebagainya.

Dengan edukasi ini diharapkan peredaran narkotika di Kabupaten Indramayu bisa terus ditekan.

Unwir Indramayu pun, disampaikan Ujang Suratno memiliki Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa yang bisa digunakan bagi mereka yang sudah terlanjur menjadi korban.

Guna lebih mematangkan program tersebut, Unwir Indramayu juga berencana memasukan kurikulum narkotika untuk dipelajari para mahasiswa.

"Kedepan mungkin kita juga ada mata kuliah tersendiri apakah masuk SKS atau non SKS. Tapi kami sebenarnya sudah masukan pada kurikulum mata kuliah yang sudah ada, misal matkul kenegaraan atau pancasila, itu ada edukasi narkotika," ucapnya.

Dalam hal ini, Ujang Suratno yang sekaligus Ketua Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba (ARTIPENA) Ciayumajakuning mengajak kepada seluruh perguruan tinggi di Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan untuk membentuk Satgas serupa.

Kampus, dinilai dia bukan hanya soal proses pengajaran saja.

Tetapi harus dibarengi juga dengan pendidikan akhlak dan moral, salah satunya adalah berperan aktif membantu menekan penyalahgunaan narkotika.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved