Breaking News:

Ridwan Kamil Minta Pemkot Bandung Tanggung Jawab Jika Pembukaan Bioskop Bikin Klaster Baru Covid-19

ujar Kenny, menurut para ahli pembukaan bioskop juga dapat mendukung kesehatan jiwa dan mental masyarakat.

Editor: Machmud Mubarok
TribunJabar.id/Nazmi Abdurahman
Bioskop CGV Kings Mall mulai buka lagi setelah Pemkot Bandung mengizinkan pembukaan, padahal saat ini Kota Bandung berstatus Zona Merah, Jumat (9/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Pemerintah Kota Bandung harus siap bertanggung jawab jika pembukaan kembali sejumlah bioskop di Kota Bandung malah membuat klaster baru penularan Covid-19.

Sebab di awal pekan ini, diumumkan bahwa Kota Bandung masuk kategori kawasan berisiko tinggi penularan Covid-19 atau masuk zona merah, bersama empat kota dan kabupaten lainnya di Jawa Barat, yakni Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, dan Kota Bekasi.

"Itu kebijakan lokal, kita monitor saja. Pada prinsipnya harus bertanggung jawab terhadap apa yang diputuskan. Kalau ternyata aman, ya teorinya benar. Kalau enggak, harus bertanggung jawab terhadap perkiraan yang keliru," kata gubernur di Gedung Pakuan, Jumat (9/10).

Sebelumnya diberitakan, di tengah level kewaspadaan tinggi penyebaran Covid-19 atau zona merah, Pemerintah Kota Bandung mengizinkan sejumlah bioskop beroperasi mulai hari ini, Jumat 9 Oktober 2020.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, terkait status zona merah di Kota Bandung bahwa pada Rabu 7 Oktober 2020 angka reproduksi atau penularan Covid-19 di Bandung berada di 0,64 atau turun 0,19 dari Selasa 6 Oktober 2020.

Dengan angka reproduksi di bawah satu, kata dia, penyebaran Covid-19 masih dapat dikendalikan.

Selain itu, ujar Kenny, menurut para ahli pembukaan bioskop juga dapat mendukung kesehatan jiwa dan mental masyarakat.

"Alangkah baiknya juga kita berpikir untuk kesehatan jiwa dan mental, menurut para ahli, seseorang yang bahagia itu daya imun nya bisa meningkat. Kota Bandung tidak hanya berupaya meningkatkan pengendalian terhadap penularan Covid, tapi juga berusaha menciptakan kebahagiaan non-fisik bagi warga nya. Intinya sih itu," ujar Kenny, saat dihubungi, Jumat (9/10/2020).

Dalam Peraturan Walikota nomor 46 tahun 2020, pasal 24 disebutkan bahwa dalam pelaksanaan AKB sejumlah kegiatan usaha tertentu terlebih dahulu harus mendapatkan persetujuan dari Wali Kota Bandung. Salah satu poinnya adalah sektor tempat hiburan yaitu tempat bioskop.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved