Breaking News:

Ribuan Orang Tak Pakai Masker Terjaring Razia di Sumedang, Sanksinya Masih Berupa Lisan dan Tulisan

untuk sanksi sosial diberikan karena mereka kedapatan sudah melanggar protokol kesehatan

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
ILustrasi - Petugas Satpol PP Kota Cirebon memakaikan masker kepada warga yang terjaring razia masker di Jalan Benteng, Kecamartan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Kamis (16/7/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Ribuan orang di Kabupaten Sumedang melanggar protokol kesehatan, terutama tidak memakai masker saat penerapan sanksi administrasi tahap pertama diterapkan sejak 15 Agustus 2020.

Semua pelanggar tersebut baru diberi tindakan sanksi administrasi berupa teguran lisan dan teguran tertulis serta identitasnya dicatat pada Sistem Aplikasi Sanksi Protokol Kesehatan (Siakiprotes).

"Tahap pertama selama 14 hari dari mulai 15 sampai 28 Agustus. Jumlah pelanggar yang terjaring 6863, semuanya kami berikan sanksi administratif," ujar Kanit Patroli Satpol PP Kabupaten Sumedang, Dodi Suryadi, Senin (7/9/2020).

Berdasarkan data Satpol PP Sumedang, jumlah pelanggar paling banyak ada di wilayah Posko Tanjungsari dengan jumlah 366 pelanggar, disusul Posko Wado 336 pelanggar, Posko Binokasih, dan Posko Alun-alun Sumedang masing-masing 329 pelanggar.

"Kemudian, untuk pelanggaran paling sedikit terjadi di Posko Darmaraja dengan jumlah 129 pelanggar, disusul Posko Pamulihan 145 pelanggaran, dan Posko Buahdua 146 pelanggaran," katanya.

Dodi mengatakan, untuk penindakan tahap kedua yang dimulai sejak 29 Agustus pihaknya sudah menjaring 2818 pelanggar. Artinya, sejak aturan tersebut diterapkan jumlah pelanggar mencapai 9681 orang.

"Untuk sanksi berat belum berjalan, masih berupa sanksi ringan dan sedang, pendataan identitas, dan sanksi kerja sosial seperti membersihkan halaman perkantoran dan pinggir jalan," ucap Dodi.

Kopassus Tak Lagi Jadi Pasukan Khusus Terbaik Dunia, Tersingkir dan Tergantikan LRR Filipina

Memanas Rizki D Academy dan Nadya Mustika Saling Posting Bahas Istri Mantan dan Kesabaran

INI Bacaan Niat dan Doa Setelah Shalat Tahajud, Lengkap Dengan Dzikir Beserta Keutamaannya

Ia mengatakan, untuk sanksi sosial diberikan karena mereka kedapatan sudah melanggar protokol kesehatan seperti tidak memakai masker sebanyak dua kali.

Dodi memastikan, semua pelanggaran tersebut dilakukan oleh individu. Namun, pihaknya bersama unsur TNI dan Polri masih tetap melakukan pemantauan ke tempat-tempat umum seperti tempat wisata, supermarket, pusat belanja, dan rumah makan.

"Jika ada warga yang kedapatan berulang-ulang melanggar tentunya tindakan tegas akan kami beri tindakan tegas berupa sanksi berat," kata Dodi.

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved