Breaking News:

Video

VIDEO - Rekor di Sumedang, Dalam Waktu Satu Hari Ada 14 Kasus Baru Covid-19, 3 di Antaranya Dokter

mereka diketahui positif Covid-19 dari hasil swab test massal yang dilakukan pada 7 Agustus 2020 lalu dan untuk 11 orang karyawan RSUD merupakan hasil

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang kembali melonjak drastis setelah 14 orang dinyatakan positif Covid-19 dari hasil swab test dan screaning yang hasilnya keluar, pada Kamis (13/8/2020), siang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri mengatakan, dari 14 orang yang terkonfirmasi positif positif Covid-19 itu, 11 orang di antaranya meruapakan karyawan RSUD Sumedang.

"Dari 11 orang itu, enam orang merupakan perawat, tiga orang dokter, satu orang tenaga administrasi, dan satu orang tenaga dari Farmasi," ujar Iwa saat ditemui di kantornya, Jalan Anggrek, Kabupaten Sumedang, Kamis (13/8/2020).

Sedangkan untuk yang tiga orang lagi, kata Iwa, merupakan warga Kecamatan Wado dan Kecamatan Cibugel, sehingga total penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang pada hari ini ada 14 orang.

"Untuk yang tiga orang dari 14 orang yang positif Covid-19 itu diketahui dari hasil swab test massal," katanya.

Jerinx Ditahan Polisi Gara-gara Ejek IDI dengan Singkatan Ikatan Drakor Indonesia, Istrinya Curhat

Daftar Harga Hp Oppo Terlengkap Agustus 2020, Mulai Oppo Reno4 Rp 5 Jutaan hingga A5, A9, dan A12

Bacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Beserta Kisah Pembuatan Naskah Proklamasi

Iwa mengatakan, mereka diketahui positif Covid-19 dari hasil swab test massal yang dilakukan pada 7 Agustus 2020 lalu dan untuk 11 orang karyawan RSUD merupakan hasil screening.

"Jadi, penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang hari ini ada 14 orang. Hasilnya baru keluar tadi dari hasil screaning dan swab test masif," ucap Iwa.

Menurut dia, adanya pembahan kasus sebanyak 14 orang tersebut, meruapakan rekor di Kabupaten Sumedang karena jumlah penambahannya paling banyak selama pandemi Covid-19 ini.

"Hari ini jumlah yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Sumedang, menjadi yang terbesar selama pandemi," ujarnya.

Untuk saat ini, pihaknya masih melakukan tracing kontak erat dari semua pasien positif Covid-19 tersebut dan nantinya semua kontak erat itu akan dilakukan swab test.

Awalnya, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang hanya 16 orang dengan jumlah kontak erat 258 orang. Namun, dengan adanya penambahan 14 orang yang positif Covid-19 itu, saat ini total kasus positif di Kabupaten Sumedang mencapai 30 orang.

TONTON VIDEO DI SINI

242 Tenaga Kesehatan di Jabar Terpapar Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani, mengatakan terdapat 242 tenaga kesehatan di Jawa Barat yang terkonfirmasi positif Covid-19, sampai Kamis (13/8/2020).

Berli mengatakan, ratusan tenaga kesehatan tersebut selama ini bertugas di puskesmas sampai rumah sakit di kabupaten dan kota di Jawa Barat.

"Tenaga kesehatan yang dinyatakan positif Covid-19 sampai saat ini, masih isolasi mandiri, sebanyak 242 tenaga kesehatan," kata Berli saat dihubungi, Kamis (13/8/2020).

 VIDEO-REKOR BARU, Sehari di Kabupaten Sumedang Tambah 14 Orang Positif Covid-19, Tiga Orang Dokter

Menurut Berli keterisian ruang rawat isolasi di Rumah Sakit di Jawa Barat pun kini mencapai 34,50 persen. Padahal beberapa pekan sebelumnya dinyatakan angka keterisian ruang isolasi di semua rumah sakit di Jawa Barat mencapai 27 persen.

"Kapasitas tampung rumah sakit di Jawa Barat masih cukup, dan siap ditambah bila terjadi peningkatan," ucap Berli yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat tersebut.

Klaster-klaster baru penyebaran Covid-19 di Jawa Barat kembali bermunculan seiring dengan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Masyarakat pun diminta untuk benar-benar melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 untuk menghindari penularan yang kian serius ini.

 KPU Indramayu Mulai Road Show ke Sejumlah Parpol dan Paslon Perseorangan, Minta Kesiapan Peserta

Halaman
1234
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved