Breaking News:

Jatiwangi Cup 2020

Buruh Pabrik Genting Bertubuh Kekar di Majalengka Ikuti Ajang Binaraga Jatiwangi Cup 2020

hal itu tidak menyurutkan semangat penonton untuk menyaksikan gelaran tersebut, tak terkecuali Wakil Bupatiupati Majalengka, Tarsono D Mardiana.

Eki Yulianto/Tribuncirebon.com
Salah satu peserta yang memperagakan kebolehannya sebagai binaragawan di kejuaraan bertajuk Jatiwangi Cup yang digelar Jatiwangi Art Factory (JAF). 
Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto
TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Even binaraga antar jebor dalam kejuaraan bertajuk Jatiwangi Cup cukup meriah meski situasi penonton dibatasi karena pandemi Covid-19.
Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat penonton untuk menyaksikan gelaran tersebut, tak terkecuali Wakil Bupatiupati Majalengka, Tarsono D Mardiana. 
Tarsono mengapresiasi kegiatan jebor binaraga Jatiwangi Cup yang ke-6 ini.
Menurutnya, kejuaraan ini merupakan kegiatan rutin yang bagus diadakan oleh Jatiwangi Art Factory (JAF).
Pihaknya menilai, tidak hanya sebuah even olahraga, tetapi lebih melihat kepada kreativitas dari para seniman di Jatiwangi untuk lebih meningkatkan lagi gairah jebor atau produksi genting, khususnya di Jatiwangi, Kabupaten Majalengka.
"Apalagi tema 'Ngotot Jatiwangi' ini tidak hanya ngotot memperlihatkan otot bagi para pekerja genting Jatiwangi. Tetapi lebih kepada filosofi ngotot semangat. Semangat yang ditimbulkannya itu bahwa semangat pabrik genting di Jatiwangi harus lebih semangat untuk tetap eksis," ujar Tarsono, saat ditemui di lokasi tersebut, Selasa (11/8/2020) malam.
Wabup berharap, eksistensi industri genting di Majalengka khususnya Jatiwangi agar lebih maju lagi.
Disamping itu juga, even rutin yang digelar setiap tahunnya ini menjadi daya tarik wisata.
Pasalnya disamping olahraga, tentu kegiatan ini menjadi daya tarik untuk wisatawan dari luar Majalengka datang ke kota angin.
Pihaknya akan bekerjasama dengan JAF agar even ini lebih meriah dan menarik wisatawan dan tahun demi tahun tentu lebih meriah lagi.
"Tetapi karena sekarang situasi sulit Pandemi Covid-19 terpaksa kita batasi. Dampak dari para pengusaha genting yang ada itu tentunya lebih bersemangat. Terlebih pemerintah daerah ikut hadir," ucapnya. 
Pihaknya menginginkan, agar pabrik genting harus mampu mentransformasikan dirinya untuk tidak hanya membuat produk genting.
Tetapi, inovasi keramik dan lainnya.
"Agar ke depannya, Jatiwangi bisa betul-betul eksis dalam mengolah kerajinan dari tanah liat ini," jelas dia.
Dalam kesempatan tersebut, Wabup didampingi kepala Dinas Kominfo Majalengka juga turut ikut berpartisipasi dengan memeragakan otot sambil mengangkat puluhan genting.
Wakil Bupati Majalengka Ikut Tampil
Gelaran perlombaan binaraga antar jebor atau pekerja pabrik genteng bertajuk Jatiwangi Cup yang digelar Jatiwangi Art Factory (JAF) resmi digelar, Selasa (11/8/2020) malam.
Perlombaan itu diikuti oleh 20 binaragawan yang bekerja sebagai buruh pabrik genteng di wilayah Jatiwangi.
Lomba binaraga ini rutin setiap tahun digelar atau kini sudah memasuki tahun ke-6.
Namun, pandemi Covid-19 seperti sekarang ini mengharuskan gelaran tersebut menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.
Salah satu binaragawan, Yana Kusyana (23) mengatakan, dirinya sudah sejak tahun pertama telah mengikuti kejuaraan jebor tersebut.
Meski, belum pernah merasakan kemenangan, ia mengaku hal itu hanya sebagai sebuah hiburan dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI.
"Sudah 6 kali saya ikuti kejuaraan ini. Selain untuk memajukan penjualan genteng-genteng di wilayah Jatiwangi, motivasi saya untuk memperingati HUT RI memperlihatkan jiwa nasionalisme," ujar Yana saat ditemui selepas acara.
Ia pun berharap, dengan terus diselenggarakannya kegiatan tersebut, dapat meningkatkan penjualan para pengusaha genteng.
Sehingga, dapat bersaing dengan para penjual genteng yang baru bermunculan.
"Sekarang kan banyak nih penjual genteng baru bermunculan, ya semoga dapat meningkatkan penjualan genteng kami lah," ucapnya.
Sementara, dalam pergelaran perlombaan para jebor tersebut, tampak dihadiri oleh Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana, Kepala Dinas Kominfo, Gatot Sulaeman, Kepala Dinas Parbud atau yang mewakili dan Camat Jatiwangi.
Selain menyaksikan, mereka juga unjuk kebolehan dengan tampil di atas panggung dengan membuka baju bak binaragawan profesional.
Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mumu Mujahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved