Breaking News:

Lestarikan Tradisi Leluhur, JAF Kembali Gelar Binaraga Antar Jebor di Tengah Pandemi Covid-19

kontes tahunan yang diikuti para pekerja bertubuh kekar dari sejumlah pabrik genteng di Jatiwangi tersebut digelar untuk memperingati HUT ke-75

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Salah satu peserta yang memperagakan kebolehannya sebagai binaragawan di kejuaraan bertajuk Jatiwangi Cup yang digelar Jatiwangi Art Factory (JAF). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Puluhan pekerja pabrik genting atau biasa disebut jebor mengikuti lomba binaraga antar jebor melalui kompetesi bertajuk Jatiwangi Cup
yang digelar Jatiwangi Art Factory (JAF).

Lomba binaraga ini rutin setiap tahun digelar, namun karena pandemi Covid-19 kegiatan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Direktur JAF, Ginggi Syar Hasyim mengatakan lomba ini digelar sejalan dengan semangat HUT kemerdekaan RI, sekaligus memperingati pencapaian kebudayaan pengolahaan tanah yang sudah lebih dari seabad lamanya berlangsung.

Ginggi mengatakan, kontes tahunan yang diikuti para pekerja bertubuh kekar dari sejumlah pabrik genteng di Jatiwangi tersebut digelar untuk memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia.

Sekaligus, sebagai rasa syukur atas karunia yang diberikan.

"Jebor atau pabrik genteng merupakan salah satu sarana kehidupan manusia Jatiwangi yang kehadirannya bahu-membahu dengan pertanian, dan ini sudah berlangsung lama," ujar Ginggi saat ditemui di lokasi, Selasa (11/8/2020) malam.

Suami Istri di Bandung Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19, Seusai Disuntik Sang Suami Ngojek Lagi

Diduga Stres Ditagih Utang, Pria di Sukabumi Coba Bunuh Diri dengan Panjat Tower Setinggi 75 Meter

Daftar Harga Terbaru Hp Oppo Agustus 2020, Lengkap Mulai dari Oppo A1K, A5, A9, A12 hingga Reno4

Pengalaman manusia Jatiwangi dalam mengolah tanah, kata Ginggi, benar-benar telah menubuh.

Hal itu bisa dilihat dari lekuk tubuh para peserta Jatiwangi Cup itu.

"Keliatan tubuh mereka didapatkan sebagai hasil dari mengolah tanah untuk menjadi genteng (keramik) yang menaungi atap-atap rumah kita. Jatiwangi Cup memang merayakan kebugaran sekaligus lekuk tubuh para pekerja pabrik genteng, para manusia Jatiwangi," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved