Breaking News:

Siap-siap, Warga di Indramayu yang Tak Pakai Masker Dihukum Push Up dan Disita E-KTP

Di Kabupaten Indramayu masyarakat yang terjaring razia tidak memakai masker akan disita identitas dirinya baik berupa E-KTP ataupun SIM

TribunCirebon.com/Handhika Rahman
Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat seusai shalat Idul Adha, Jumat (31/7/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Di Kabupaten Indramayu masyarakat yang terjaring razia tidak memakai masker akan disita identitas dirinya baik berupa E-KTP ataupun SIM.

Selain itu sanksi sosial juga akan diberlakukan sebagai bentuk edukasi.

Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut terkait Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat Nomor 60 Tahun 2020.

Tertipu Arisan Lebaran, Ratusan Warga Cianjur Geruduk Rumah Mewah, Diduga Korban Ada Ribuan Orang

Yakni, menjelaskan tentang pengenaan sanksi administratif terhadap pelanggaran tertib kesehatan dalam pelaksanaan PSBB dan AKB dalam penanggulangan Covid-19 di Provinsi Jawa Barat.

"Terkait denda Pergubnya baru kita terima dan kita akan sesuaikan dulu dengan kondisi di Kabupaten Indramayu tentunya," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Jumat (31/7/2020).

Taufik Hidayat menjelaskan, kedepannya pemberlakuan denda bagi yang tidak mengenakan masker bisa saja dilakukan pemerintah Kabupaten Indramayu.

Tukang Jagal di Kota Tasikmalaya Mendadak Ambruk Timpa Kambing & Meninggal Saat Bersiap Menyembelih

Hanya saja, saat ini pemerintah masih memberlakukan step by step sanksi mulai dari administrasi, sosial, dan terakhir baru diterapkannya sanksi denda.

Kebijakan tersebut diharapkan bisa membangun kesadaran masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan tidak menjadi beban di tengah pandemi seperti sekarang.

Plt Kepala Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu, Hamami Abdul Ghani mengatakan, pihaknya akan semakin rutin menggelar razia setelah keluarnya Pergub Nomor Nomor 60 Tahun 2020.

Libur Lebaran Idul Adha 2020, Terasering Panyaweuyan Majalengka Diserbu Wisatawan

“Kami melaksanakan razia masker di masa AKB untuk menjadikan kebiasaan bagi seluruh masyarakat  Indramayu agar selalu menggunakan masker ketika keluar rumah,” ujarnya.

Pada razia masker terakhir pada Rabu (29/7/2020), Hamami Abdul Ghani mnyampaikan ada 49 orang yang terjaring.

Sanksi sosial pun diterapkan, seperti push up dan menyita sementara E-KTP milik pelanggar.

Terkait sanksi denda, pihaknya masih menunggu Instruksi lanjutan dari Plt Bupati Indramayu untuk penerapannya.

"Jika sanksi denda sudah diberlakukan, maka pihaknya akan membagi tim di seluruh Kabupaten Indramayu untuk menggelar razia di beberapa titik yang sudah ditentukan," ujar dia.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved