Breaking News:

Virus Corona Mewabah

Peserta UTBK Sempat Ketakutan Saat Ikuti Rapid Test Corona, Kalau Hasilnya Reaktif Auto Gugur

Sejumlah peserta UTBK dalam SBMPTN di Kampus UPI empat ketakutan saat tiba-tiba harus menjalani tes cepat (rapid test) di lokasi ujian.

(Dok. Kompas.com)
Para peserta ujian SBMPTN berbasis komputer (UTBK) di salah satu panitia lokal Jakarta Kampus UI Depok (8/5/2018) 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Sejumlah peserta ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dalam seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) di Kampus UPI, Jalan Setiabudi, Bandung, sempat ketakutan saat tiba-tiba harus menjalani tes cepat (rapid test) di lokasi ujian.

Kemarin, selain di kampus UPI, tes cepat juga dilakukan pada UTBK di kampus ISBI Bandung, Unsika Karawang, dan IPB.

Unpad rencananya mendapat giliran hari ini, dilanjutkan sejumlah kampus lainnya seperti Unsil Tasikmalaya dan ITB.

Ada 164 orang yang kemarin dipilih secara acak di UPI untuk menjalani tes cepat. Sebanyak 119 di antaranya adalah calon mahasiswa peserta UTBK, sisanya panitia pelaksana UTBK.

"Pastilah ada perasaan takut. Soalnya, pikiran saya, kalau hasilnya nanti reaktif, pasti enggak boleh masuk ke ruang ujian, jadi otomatis gugur kesempatan saya untuk masuk PTN. Tapi setelah diperiksa dan hasilnya nonreaktif, saya lega," ujar Rani Setiawan (22), peserta UTBK asal Kiaracondong, yang terpilih mengikuti tes cepat di depan Gedung Direktorat TIK atau gedung UTBK Kampus UPI Bumi Siliwangi.

Hal senada diakui Angga Ramadhan (22). Ia mengaku khawatir hasilnya reaktif. "Sebab, kalau hasilnya reaktif, pasti akan dipandang negatif lah. Karena itu saya khawatir, kalau-kalau ternyata hasil pemeriksaan saya atau orang lain yang sempat ngobrol atau berinteraksi dengan saya tadi ternyata hasilnya reaktif, dan setelah di-swab test ternyata jadi positif. Ini kan yang jadi bahaya," ucapnya di lokasi yang sama.

Direktorat Akademik UPI, Asep Supriatna, mengatakan, tes cepat dilakukan secara acak sesuai dengan arahan dari Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar.

Jumlah peserta dan panitia yang dites merupakan representasi dari jumlah peserta dan panitia UTBK di UPI.

"Para peserta ujian yang dilakukan pemeriksaan adalah mereka yang telah selesai melaksanakan tes UTBK di sesi satu. Hasil dari pemeriksaan ini selanjutnya akan langsung ditindaklanjuti oleh Gugus Tugas Provinsi Jabar. Mudah-mudahan hasilnya sesuai dengan harapan kita," ujarnya di sela kegiatan tes cepat.

Menurutnya, kegiatan tes cepat hanya dilaksanakan di Kampus UPI Bumi Siliwangi di Jalan Setiabudhi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved