Warga Perum Alam Asri Datangi Kantor PAM Tirta Kamuning Kuningan, Ternyata Gara-gara Hal Ini

Menghadapi musim kemarau, kata Deni, PAM Kuningan terbiasa memberikan pasokan air untuk daerah kekeringan.

TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Forum Warga Perumahan Alam Asri Kabupaten Kuningan saat menyampaikan aspirasi kepada Direktur Utama Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Kamuning, terkait pasokan air tak lancar jelang kemarau, Senin (29/6/2020). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Tokoh masyarakat yang mengatasnamakan Forum Warga Perumahan Alam Asri Kabupaten Kuningan mendatangi Kantor Perusahaan Air Minum Tirta Kamuning Kuningan.

" Mereka datang menyampaikan kekhawatiran pasokan air tidak lancar seperti tahun -tahun sebelumnya," ujar Direktur Utama Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Kamuning, H Deni Erlanda saat menyampiakan kepada awak media di ruang kerjanya, Senin (29/6/2020).

Untuk menjawab keluhan para pelanggan, kata Deni, manajeman PAM Kuningan telah menyiapkan teknis lain, untuk memberikan kenyamanan melalui pengiriman air dengan kendaraan tangki PAM setiap hari.

"Namun, untuk lebih memberikan kepuasaan terhadap pelanggan PAM. Kami telah menyiapkan saluran pasokan dari mata air baru (Cibangir, red) yang berada di Kecamatan Cigugur. Mudahan - mudahan Bulan Juli bisa beroperasi seperti saluran air pada umumnya, " kata dia.

Deni mengklaim bahwa manajamen akan mewujudkan pasokan baru dari saluran air Cibangir beberapa hari kedepan.

"Mengenai perbaikan semua sudah dilakukan tim teknis, tapi kita tinggal menunggu mesin pompa untuk kegunaan instalasi pasokan air tersebut," kata Deni lagi.

Soal pasokan air bersumber mata air Cibangir, kata dia, itu menghasilkan volume air sebesar 60 liter per detik."Kalau hitung -hitungan manajamen, volume sebesar 60 liter itu, bisa memberikan pemenuhan pasokan terhadap 600 pelanggan," kata dia.

Menghadapi musim kemarau, kata Deni, PAM Kuningan terbiasa memberikan pasokan air untuk daerah kekeringan.

"Namun hal ini, tentu akan dilakukan pembahasan dengan pemerintah terlebih dahulu. Sebab ini merupakan tanggungjawab pemerintah untuk menangkal warga yang terdampak kekeringan dalam membutuhkan air baku," katanya.

Pesan Terakhir Tien Istri Soeharto yang Diabaikan, tapi Kata-katanya Terbukti Dua Tahun Kemudian

Wali Kota Risma Nangis & Sujud di Kaki Dokter Usai Dengar Kabar Rumah Sakit Corona Penuh: Mohon Maaf

1,2 Juta Butir Obat Keras Disita Polresta Cirebon Selama Mei-Juni, Tangkap 28 Tersangka Pengedar

Selain itu juga, kata dia, manajemen juga hendak melakukan perubahan instalasi atau saluran air untuk para pelanggan di sekitaran Kuningan kota.

"Diketahui bahwa pasokan air di kawasan perkotaan ini, mengandalkan air dari Waduk Darma. Namun, dengan adanya mata air Cibangir, pasokan air ini bisa untuk kawasan pelanggan di perkotaan," katanya.

Jadi, masih kata Deni, pasokan air bersumber Waduk Darma itu akan dialihkan salurannya. "Khusus para pelanggan di kawasan Kuningan timur," kata dia. (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved